Prosesi Buka Luwur Tradisi Peringatan ke-473 Hari Jadi Jepara

Klikfakta.com
Sabtu, 09 April 2022 | 21:34 WIB Last Updated 2022-04-09T14:34:04Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Jepara - 
Buka luwur atau pergantian kain penutup makam Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin menandai acara peringatan Hari Jadi ke-472 Kabupaten Jepara. Prosesi kirab dilakukan Sabtu (9/4/2022) sore oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi, Forkopimda, dan Kepala Perangkat Daerah.


Acara buka luwur diawali dengan penyerahan luwur dari bupati kepada pemerintah Desa Mantingan. Kemudian diserahkan kepada Camat Tahunan Nuril Abdillah. 


Jika biasanya penyerahan ini dilakukan di depan kantor Balai Desa Mantingan, acara langsung dilaksanakan di depan Masjid Mantingan. 


Usai penyerahan luwur, dilanjutkan dengan salat ashar berjamaah, dan penyerahan santunan kepada anak yatim piatu. Dilanjutkan dengan buka puasa bersama.


Prosesi buka luwur dilaksanakan pukul 04.00 WIB. Dimulai dari Makam Ratu Kalinyamat, Sultan Hadlirin (Raden Toyib) dan 2 makam lain yaitu Patih Badar Duwung dan Pangeran Seberang Lor. Letak kedua makam ini masih dalam satu kompleks makam Ratu Kalinyamat. Setelah luwur diganti, dilanjutkan dengan tahlil dan doa.


Bupati Dian Kristiandi menyatakan selain sudah menjadi tradisi, pembukaan luwur itu juga merupakan cara pemerintah daerah menjaga pusara leluhur. Tokoh-tokoh ini sangat penting dalam perjalanan Jepara. Untuk itu, harus selalu dirawat keteladanan mereka yang sudah diwariskan.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prosesi Buka Luwur Tradisi Peringatan ke-473 Hari Jadi Jepara

Viral News

Iklan

iklan