Peringati Hari Kartini, Bupati Jepara Ingatkan Peran Penting Perempuan bagi Bangsa

Klikfakta.com
Kamis, 21 April 2022 | 18:57 WIB Last Updated 2022-04-21T11:57:40Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Jepara
- Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam peringatan Hari Kartini Tahun 2022 mengingatkan pentingnya peran ibu atau perempuan bagi peradaban bangsa. Menurutnya, perempuan adalah tiang negara sekaligus menjadi pilar peradaban sebuah bangsa.

Ini disampaikan oleh orang nomor satu di kota ukir itu saat membuka Seminar Peringatan Hari Kartini ke-143 di Pendapa RA. Kartini Jepara, Kamis (21/4/2022).

“Perempuan sebagai seorang ibu adalah tiang penyangga dan juga penjaga ketahanan keluarga. Karena ibu merupakan madrasah pertama yang mengajarkan dan menanamkan nilai, norma serta menjadi peletak dasar dan pondasi bagi kepribadian dan karakter seorang anak,” kata Bupati Andi.

Ibu yang baik, kata Andi, akan menciptakan masyarakat yang baik pula. Jika kaum perempuan dalam suatu negeri berbudi pekerti baik, niscaya akan baik pula negerinya.


Dirinya meyakini jika para perempuan Jepara adalah sosok tangguh, tahan banting, pantang menyerah sekaligus memiliki budi pekerti luhur.

“Tak lain karena perempuan Jepara mewarisi spirit tiga tokoh perempuan hebat Jepara. Dari Ratu Shima kita belajar tentang nilai-nilai kejujuran, keadilan dan kebijaksanaan. Ratu Kalinyamat mengajarkan tentang keberanian dan ketangguhan dan dari RA. Kartini kita mengerti tentang ketekunan dan semangat pantang menyerah mesti menghadapi rintangan dan dalam keterbatasan,” tegas Andi.

Untuk itu, kata Bupati, perempuan Jepara harus dapat mengambil peran dalam mengisi pembangunan. Perempuan pun harus diberikan ruang setara untuk berkiprah dan berkembang maju.

“Momentum peringatan Hari Kartini kali ini, mari kita jadikan ajang introspeksi sejauh mana kita merefleksikan cita-cita emansipasi kartini. Apapun peran yang sedang dijalani, para perempuan Jepara adalah Kartini-Kartini hebat saat ini,” kata dia.

Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 ini juga diisi dengan berbagai kegiatan. Selain seminar, di halaman pendapa juga dibuka sejumlah stand UMKM dan organisasi wanita. Pameran foto di Peringgitan Pendapa dan pelatihan membatik di Serambi Belakang Pendapa RA. Kartini Jepara.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hari Kartini, Bupati Jepara Ingatkan Peran Penting Perempuan bagi Bangsa

Viral News

Iklan

iklan