Jelang Hari Jadi Jepara, Bupati Andi Pimpin Ziarah ke Makam Leluhur

Klikfakta.com
Jumat, 08 April 2022 | 20:32 WIB Last Updated 2022-04-08T13:32:16Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Jepara
 - Dua hari jelang Hari Jadi Jepara ke-473, Bupati Jepara Dian Kristiandi memimpin ziarah ke makam para leluhur Jepara, Jumat (8/4/2022). Ikut dalam rombongan ini jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jepara dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.


Ziarah kubur dilakukan mulai dari makam Sayyid Abu Bakar Alhadad atau Mbah Panggang di Kelurahan Panggang Kecamatan Jepara, makam Pangeran Syarif dan Raden Soemowijoyo di Kelurahan Saripan, Kecamatan Jepara, makam Tjitrokusumo II di Kelurahan Bapangan, Kecamatan Jepara, dan makam Tjitrosomo I di Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan.


Ziarah dilanjutkan ke makam Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan. Lalu ke makam Mbah Daeng di Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan. Tak hanya itu, tahun ini agenda ziarah kubur juga dilanjutkan ke makam Sayyid Usman dan Adipati Pathak Warak di Pulau Mandalika.


Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, ziarah ke makam leluhur merupakan tradisi yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Jadi Jepara. Ziarah dilakukan untuk mendoakan para leluhur agar memdapatkan tempat yang baik di sisi Allah. Ini karena para leluhur telah memperjuangkan Jepara.


''Kami mendoakan para leluhur dan juga berdoa agar para generasi penerus juga bisa berjuang seperti beliau-beliau,'' terangnya.


Bupati memaknai ziarah sebagai salah satu penghormatan untuk para leluhur, mengingat jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan Jepara, serta agar tidak putus dalam mendoakan.


''Para leluhur ini banyak berjuang untuk Jepara, jadi kita harus mendoakan mereka terus,'' ungkapnya.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Hari Jadi Jepara, Bupati Andi Pimpin Ziarah ke Makam Leluhur

Viral News

Iklan

iklan