Gerakan Bulan Sedekah Dilaunching, Targetkan 1,5 Miliar

Klikfakta.com
Senin, 04 April 2022 | 20:03 WIB Last Updated 2022-04-04T13:03:25Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Jepara - 
Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah terutama sedekah. 


Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara melaunching program pemenuhan pangan melalui Gerakan Bulan Sedekah. Melalui gerakan ini, Baznas mengajak masyarakat Jepara peduli kepada sesama. 


Tujuannya dapat membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi imbas dari pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama tiga kali Ramadhan.


Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Shima dan dihadiri Bupati Jepara Dian Kristiandi yang diwakili Asisten I Sekda Dwi Riyanto, Kepala Perangkat Daerah, serta para Camat, Senin (4/4/2022). 


Selain itu hadir juga Kapolres Jepara diwakili Kabag SDM, Karman, Pasiter Kodim 0719 Jepara Fadhelan, Ketua MUI Mashudi, dari Kemenag dan Pengadilan Negeri Jepara.


Dalam sambutannya, Dwi Riyanto mengatakan Gerakan Bulan Sedekah merupakan aksi nyata untuk meningkatkan keimanan, mengajarkan nilai-nilai luhur, serta mengembalikan fitrah kemanusiaan sebagai makhluk sosial di masyarakat.


Menurutnya, Gerakan Bulan Sedekah tingkat kabupaten dilaunching hari ini, maka Selasa (5/4) akan launching di tingkat kecamatan mulai 4-26 April. 


Mekanismenya dengan lembaran kupon masing-masing lima ribu rupiah, sepuluh ribu rupiah, dan dua puluh ribu rupiah. 


Tiap desa minimal dapat menyalurkan 1.000 kupon kepada masyarakat. Dia berharap, agar unsur kecamatan menjadi koordinator bagi desa atau kelurahan. Demikian juga Petinggi dan Lurah menginstruksikan Ketua RT di wilayahnya untuk memungut sedekah selama tiga pekan.


Lanjut Dwi Riyanto, targetnya selama tiga pekan dapat terkumpul dana 1,5 miliar. Setelah sedekah terkumpul nantinya akan disalurkan kepada fakir miskin (mustahik), yatim piatu, dan saudara kita yang membutuhkan. 


Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada muzaki (pemberi zakat), munfiq (pembayar infaq), mutashadiq (pemberi shadaqah), dan para orang mampu (aghniya) yang telah menyisihkan hartanya untuk kita saluran kepada yang berhak menerima.


"Mari bergerak bersama menumbuhkan rasa empati dan simpati, membantu pemerintah mengatasi persoalan kemiskinan. Mari kita mengulurkan tangan kepada saudara kita yang membutuhkan,"katanya.


Senada dengan Dwi Riyanto, Ketua Baznas Jepara, Sholih menyatakan hal yang sama. Pihaknya menargetkan dapat terkumpul 1,5 miliar sebelum Idul Fitri 1443 Hijriah.


"Penyalurannya 50 persen akan diserahkan ke desa langsung, lalu 50 persen akan disalurkan Baznas sehingga menjangkau seluruhnya,"terangnya.


Pada kesempatan tersebut diserahkan kupon secara simbolis kepada Camat Donorojo Setyo Adhi, Camat Jepara Suherman, serta Camat Welahan Sundari.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gerakan Bulan Sedekah Dilaunching, Targetkan 1,5 Miliar

Viral News

Iklan

iklan