Fakta tentang: Perilaku Zoomies pada Kucing

Klikfakta.com
Kamis, 21 April 2022 | 04:20 WIB Last Updated 2022-04-20T21:20:09Z
Flashdisk Ebook Islami


 KlikFakta.com, Jepara - Bagi Sobat Fakta yang memiliki anabul kesayangan pasti sudah tidak asing dengan perilaku hiperaktif mereka. Terutama kucing indoor yang sering berlarian dalam rumah.


Mungkin Sobat Fakta pernah mengamati pola zoomies anabul. Perilaku acak dan aneh ini bisa terjadi di pagi hari, siang, ataupun tengah malam. Di antara mereka ada yang berlarian tak tentu arah, memanjat tirai, mencakar sofa, sampai menjatuhkan gelas.


Zoomies anabul sangat alami dan normal. Jika Sobat Fakta belum tahu, zoomies adalah periode perilaku hiperaktif pada kucing. Apa yang menyebabkan mereka zoomies?


Menguti dari kidadl, perilaku ini lebih sering dijumpai pada kucing indoor. Ini karena mereka tidak butuh berburu untuk mencari makan. Akibatnya mereka memiliki lebih banyak energi simpanan.


Energi yang berlebih akan memacu naluri kucing untuk melepaskannya. Sehingga terjadilah zoomies.


Selain itu, zoomies juga bisa diakibatkan karena sakit ataupun stres. Pemilik kucing pasti hafal perilaku sehari-hari anabul mereka. 


Perubahan perilaku mendadak atau tiba-tiba zoomies padahal sebelumnya tidak pernah bisa menjadi tanda mereka sedang sakit atau stres. Tanda lain yang menyertai adalah kebiasaan menjilati badan berlebih dan nafas lebih cepat.


Jika sudah begini, alangkah baiknya jika Sobat Fakta memeriksakan anabul kesayangan ke dokter.


Perilaku zoomies lainnya terjadi setelah mereka selesai dari kotak pasir. Yang demikian dinamakan poo-phoria, selebrasi yang dilakukan anabul setelah mengeluarkan kotoran. 


Beberapa ahli menjelaskan, kucing sangat bergantung pada ibunya soal membersihkan diri pasca membuang kotoran. Setelah dewasa, mereka merasa mandiri karena bisa membersihkan diri sendiri. Selebrasi yang dilakukan bisa jadi sarana untuk menunjukkan pada Sobat Fakta kalau mereka sudah dewasa.


Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi zoomies?


Aturan pertama memiliki kucing aktif sudah pasti jangan letakkan barang pecah belah sembarangan. Sebaiknya sediakan mainan yang bisa memuaskan mereka.


Waktu bermain jiga menjadi salah satu hal untuk mengatasi zoomies berlebihan. Daripada memberi mereka satu kali waktu bermain berdurasi 20 menit. Akan lebih baik mengajak mereka bermain empat kali dengan durasi 5 menit.

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fakta tentang: Perilaku Zoomies pada Kucing

Viral News

Iklan

iklan