Berkunjung ke Jepara AHY Minta Kader Partai Demokrat Turut Jaga UMKM dan Kearifan Lokal

Klikfakta.com
Kamis, 07 April 2022 | 20:49 WIB Last Updated 2022-04-07T13:49:44Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Jepara - 
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke Jawa Tengah dalam rangka safari Ramadan selama beberapa hari ke depan. Pada hari ini, Kamis 7 April 2022, putra dari Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY ) berkunjung ke Jepara.


Lokasi pertama yang ia kunjungi ialah Sentra Relief Senenan. Dalam kujungan itu AHY berdiskusi dengan para perajin serta pengusaha ukir Jepara. Salah satu UMKM yang dikunjungi adalah UMKM Mulya Indah Putra milik Muhlisin.


Melihat para perajin ukir Jepara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merasa kagum, ia menilai relief Jepara terbaik. Ukiran Jepara memiliki potensi besar dirinya menginginkan agar potensi ini harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.


“Saya sangat kagum melihat ukiran jepara, sangat bagus dan detail. Ukiran Jepara ini memiliki potensi sangat besar , potensi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan,” Ungkapnya.


AHY Meminta semua elemen Partai Demokrat untuk mengawal ukir Jepara. Harus ada proteksi untuk menjaga UMKM dan kearifan local.


Pada kesempatan itu AHY juga mengajak berdiskusi dengan para pengusaha dan perajin ukir Jepara. Rensi Eka Prasetya, seorang pengusaha muda dari Senenan mengungkapkan industri mebel potensinya besar. 


“Namun saat ini menghadapi persoalan besar dari sisi pelestariannya sebab banyaknya investasi manufacture. Juga biaya kontener yang naik ratusan persen,” ujarnya


Dirinya berharap AHY mau mendorong Pemkab Jepara untuk melindungi kelestarian seni ukir. Jepara mempunyai Perda No. 2 tahun 2014 tentang Perlindungan Mebel Ukir. Namun tidak ada langkah nyatanya .


Petinggi Desa Senenan Mulyono menerangkan, mulai didirikan sebagai sentra pada tahun 2005. Saat diresmikan baru ada sekitar 15 UMKM. Saat itu juga diresmikan Koperasi Industri dan Kerajinan Sentra Relief Jepara. Kini telah ada 36 UMKM dengan tukang ukir sekitar 225 orang. Harapannya dengan kehadiran AHY Sentra Relief Senenan dapat terus berkembang.


“Kami mohon bimbingan dan dukungannya,” ujar Mulyono.


AHY pada kunjungan ke Jepara juga melakukan silaturahmi ke Pondok Darul Hikmah Menganti, Kecamatan Kedung. Di Menganti AHY melakukan sarasehan dan sholat maghrib.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berkunjung ke Jepara AHY Minta Kader Partai Demokrat Turut Jaga UMKM dan Kearifan Lokal

Viral News

Iklan

iklan