Komunitas Jendela Musik Jepara Sukses Gelar Festival Cipta Lagu Bupati 2022, Segera Rilis Album Kompilasi

Klikfakta.com
Selasa, 29 Maret 2022 | 18:45 WIB Last Updated 2022-03-29T11:45:38Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Jepara - 
Komunitas Jendela Musik Jepara - Jenmus Jepara mengadakan acara Festival Cipta Lagu Piala Bupati 2022. Acara yang dilatarbelakangi oleh keprihatinan pelaku musik di Jepara akan perkembangan musik yang seakan stagnan dan perlu perhatian khusus, seolah mendapat angin segar saat mendapat dukungan dari Bupati dan Dinas terkait.


Acara yang diselenggarakan bertahap dimulai dari pendaftaran peserta yang dilaksanakan secara online mulai bulan Februari dengan mengunggah video cipta lagu melalui Instagram, yang ditutup 21 Maret lalu menjaring 40 peserta dan telah terpilih 10 finalis. Diantaranya Ahya SMPUT, The Krusty Krab, Aldinoise, WHL, Pebe Projects, Wole Mera, Big Megent, Riyan Hananta, Yoel Bagus dan Agus Dirga. Dilanjut audisi live yang digelar Jumat 24 Maret lalu,di Tubuoka Cafe. Dan telah ditetapkan pemenang 3 besar yaitu Big Megent, Aldinoise dan Wole Mera.


Ketua panitia Festival Cipta Lagu Piala Bupati - Budi Riyanto yang diwakili Wily Wahyu mengatakan acara ini bertajuk Jepara Sound of Motion yang artinya Suara Perubahan Jepara. "Kami menggelar acara ini bertujuan untuk menggerakkan musisi Jepara agar bangkit berkarya dan diharapkan ada regenerasi. Melalui kegiatan semacam ini mampu melahirkan musisi-musisi hebat dan produktif di Kabupaten Jepara," tuturnya.


Salah satu peserta yang lolos dalam festival cipta lagu ini ada yang masih berusia pelajar. Adalah Ahya pelajar SMP UT Jepara. Dirinya mengaku,baru sekali ini menulis lagu karya sendiri dan akhirnya bisa lolos masuk 10 besar.




Music Director acara Festival Cipta Lagu Piala Bupati - Gobang Toto menjelaskan, 10 finalis akan mendapatkan kesempatan recording dan masuk dalam Album Kompilasi Jepara Sound of Motion. Sedangkan pemenang 3 besar akan dibuatkan videoklip. "Di malam Audisi Live kemarin, kami mengumumkan 3 pemenang yang akan dibuatkan videoklip. Namun untuk peringkat juara 1 2 3 kami akan kami umumkan saat launching Album pada bulan Mei mendatang," ungkapnya. Ketiga pemenang Festival Cipta Lagu Piala Bupati akan dibantu juga perihal pengurusan hak cipta dan royalti melalui internet music publishing.


Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara - Kustam Ekajalu menyambut baik antusias para musisi-musisi Jepara yang ikut serta dalam gelaran akbar Festival Cipta Lagu Piala Bupati. "Selama pandemi hampir tidak ada ruang berekspresi. Sehingga acara ini bisa menjadikan power energi bagi musisi Jepara dan proses regenerasi ke depan," paparnya.


Diharapkan akan ada kegiatan-kegiatan serupa dan Festival Cipta Lagu Piala Bupati akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Dan diperlukan sinergitas semua pihak khususnya komunitas-komunitas musik di Jepara.Agar semangat musikalitas di Jepara berkobar kembali.


(YL - KF)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komunitas Jendela Musik Jepara Sukses Gelar Festival Cipta Lagu Bupati 2022, Segera Rilis Album Kompilasi

Viral News

Iklan

iklan