Lakukan Percepatan, Kunci Kecamatan Kembang Raih Penghargaan dari DJPb

Klikfakta.com
Jumat, 14 Januari 2022 | 14:59 WIB Last Updated 2022-01-14T07:59:28Z
Flashdisk Ebook Islami

 
Camat Kembang Anwar Sadat saat menerima penghargaan dari DJPb.

KlikFakta.com, JEPARA
– Kecamatan Kembang berhasil memperoleh penghargaan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendaral Perbendaharaan (DJPb) Jawa Tengah dalam pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2021. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Jateng Midden Sihombing di Ruang Video Conference Setda Jepara, Rabu (12/1/2022).


Camat Kembang Anwar Sadat mengungkapkan jika pihaknya terus mendorong pemerintah desa (Pemdes) melakukan percepatan dalam penyerapan DD ini. Pihaknya tidak menunggu semua desa lengkap terlebih dahulu untuk menandatangani pengajuan pencairan ini. 


“Jika ada desa yang mengajukan pencairan, berapapun segera kami tanda tangani bersama tim dan dikirimkan ke Dinsospermasdes untuk pencairan. Jadi kami tidak menunggu desa-desa lain secara bersamaan. Tetapi berapapun desa yang mengajukan segera kami tandatangani,” ujar Sadat.


Dengan dorongan ini, lanjut Sadat, 11 desa yang ada di Kecamatan Kembang ritme dan kecepatan dalam pengelolaan DD ini sudah sangat baik. “Kami di kecamatan kan memang hanya melakukan pendampingan, monitoring dan evaluasi karena DD yang mengelola masing-masing desa. Alhamdulilah dengan semangat itu, semuanya sudah baik,” jelasnya.


Terkait dengan penilaian dari Kanwil DJPb, lanjut Sadat, justru dirinya tidak mengetahui secara langsung. Hal ini lantaran tim tidak datang secara langsung ke lapangan, melainkan penilaian langsung dari dashboard yang dikelola oleh DJPb.


“Jadi penilaian sepenuhnya dari sana, kami tidak pernah ada survey atau monitor langsung.  Sebab, mereka punya dashboard sendiri untuk menilai penyerapan DD ini,” imbuh mantan Kabid Penegakan Perda Satpol PP ini.


Lebih lanjut Anwar Sadat berharap ritme dan pola yang telah berjalan ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun selanjutnya. “Tahun ini akan kita pertahankan pola yang sudah ada agar pengelolaan DD ini bisa optimal, karena tentu muaranya demi pelayanan dan pembangunan masyarakat,” tandas Sadat.


Seperti diketahui, dari 11 desadi Kecamatan Kembang DD yang diterima masing-masing desa beragam mulai dari Rp.1,2 milyar hingga RP.2 milyar. Tahun 2021, yang terbesar Desa Cepogo dengan memperoleh Rp. 2.049.510.000. hanya saja, tahun 2022 pagu DD mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu.


(Zaky)

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lakukan Percepatan, Kunci Kecamatan Kembang Raih Penghargaan dari DJPb

Viral News

Iklan

iklan