Jepara Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Warga Lapor jika Terjadi Bencana

Klikfakta.com
Rabu, 12 Januari 2022 | 15:02 WIB Last Updated 2022-01-12T08:02:36Z
Flashdisk Ebook Islami

Jepara Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Warga Lapor jika Terjadi Bencana

KlikFakta.com, Jepara - 
Kabupaten Jepara, Jawa Tengah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terjadinya sejumlah bencana alam.


Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto, pada Rabu (12/1/22) pagi, di kantornya. Potensi hujan lebat disertai angin, terjadi selama dua hari Rabu dan Kamis, 12 dan 13 Januari 2022.


“Kami menghimbau kepada masyarakat, baik yang berada di daerah lereng pegunungan, juga wilayah pesisir untuk tetap waspada. Segera laporkan jika ada kejadian bencana,” kata Arwin.


Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiksika (BMKG) Jawa Tengah, wilayah Kabupaten Jepara masuk kategori curah hujan menengah tinggi untuk bulan Januari hingga Februari 2022.


Dari peringatan dini cuaca Jawa Tengah tanggal 12 Januari 2022, Kecamatan Kedung berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang. Kondisi ini, juga dapat meluas ke wilayah Kecamatan Pecangaan, Welahan, Mayong, Batealit, Jepara, Mlonggo, Bangsri, keling, Tahunan, Nalumsari, Kalinyamatan, Kembang, dan Pakis Aji.


Untuk itu, Arwin mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai petir dan angin. Serta dampak lain seperti banjir bandang, longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang dna jalan licin.


“Mohon kepada masyarakat untuk sementara menjauhi bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir serta lereng berpotensi longsor,” kata dia.


Arwin juga sudah menyampikan himbauan ini kepada para petinggi desa, pimpinan Perangkat Daerah, staisun radio, hingga grup grup para relawan di Kabupaten Jepara untuk tetap siaga.


“Apabila terjadi musibah atau bencana dapat melapor ke BPBD Jepara di (0291) 598291 serta di nomor whatshap 0811-27664-51,” katanya.

(FERDY)  

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jepara Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Warga Lapor jika Terjadi Bencana

Viral News

Iklan

iklan