Bupati Jepara Dukung Upaya Pengusulan Ratu Kalinyamat Peroleh Gelar Pahlawan Nasional

Klikfakta.com
Kamis, 13 Januari 2022 | 17:55 WIB Last Updated 2022-01-13T10:55:40Z
Flashdisk Ebook Islami
Bupati Jepara Dukung Upaya Pengusulan Ratu Kalinyamat Peroleh Gelar Pahlawan Nasional

KlikFakta.com, Jepara - 
Bupati Jepara Dian Kristiandi sangat mendukung upaya pengusulan Ratu Kalinyamat memperoleh gelar pahlawan nasional. Hal itu dikatakan Dian Kristiandi saat menerima tim peneliti Ratu Kalinyamat dari Yayasan Darma Bhakti Lestari (YDBL) yang telah melakukan penelitian selama tiga tahun. 


Naskah akademik pun telah selesai disusun dan diserahkan kepada Andi.


Andi mengatakan pemerintah kabupaten akan memberikan rekomendasi pengusulan itu.


"Kami akan dukung sepenuhnya usaha ini. Apapun yang akan diperlukan akan kami usahakan untuk memenuhi. Surat rekomendasi akan sesegera mungkin, kami buat" kata Bupati Jepara Dian Kristiandi Kamis (13/1/22).


Sementara itu, Ketua Tim Peneliti Yayasan Darma Bhakti Lestari, Ratno Lukito, mengatakan naskah akademik yang telah disusun menunjukan bukti-bukti bahwa Ratu Kalinyamat adalah sosok yang memang pantas menyandang gelar pahlawan nasional. 


Data dalam naskah akademik diperoleh dari sumber primer sehingga keakuratannya bisa di percaya.


"Kalau dulu baru dua buku sumber primer, sekarang ini kami berhasil mendampatkan delapan buku primer yang kami jadikan sumber," ujar Ratno, usai menyerahkan naskah akademik kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kamis, 13 Januari 2022.


Delapan sumber primer penulis Portugis, yaitu Diego da Coute, Franscisco Pares, Afondo de Noronha, Faria a Sousa, dan Martins a El Ray. Sumber primer lainnya adalah surat Raja Sebastian untuk Gubernur Noronha. 


Serta dua buku lain yang berjudul Jorge de Lemos dan Documentacco Para A Historia Das Missoes Do Padroado Portugues Do Oerientae Insulinda Vol. 4.


"Buku sumber primer itu ditulis oleh warga Portugal. Buku itu ditulis oleh penulis semasa Ratu Kalinyamat masih hidup. Buku sumber primer ini belum digunakan dalam pengusulan sebelumnya," kata Ratno.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Jepara Dukung Upaya Pengusulan Ratu Kalinyamat Peroleh Gelar Pahlawan Nasional

Viral News

Iklan

iklan