Ada Kambing sampai Gerobak, Pemda Jepara bersama Baznas Salurkan Bantuan Zakat Produktif

Klikfakta.com
Selasa, 04 Januari 2022 | 20:47 WIB Last Updated 2022-01-04T13:47:18Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Jepara - 
Kabupaten Jepara, Jawa Tengah terus mengupayakan kesejahteraan masyarakat dengan pemberian zakat produktif bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara. Kali ini Bupati beserta Baznas mengunjungi rumah Samain, warga Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji.


Samain merupakan salah satu warga yang beruntung mendapat bantuan zakat produktif awal tahun 2022. Bantuan berupa seekor kambing diserahkan oleh Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto, didampingi Ketua Baznas Kabupaten Jepara Sholih, dan sejumlah perangkat daerah.


“Alhamdulillah, tadi dikabari akan dapat bantuan kambing dari pak bupati. Senang sekali mas,” kata Samain.


Samain mengaku sebelumnya pernah memiliki ternak kambing namun habis dijual untuk memenuhi kebutuhan. Dengan bantuan seekor kambing, Samain berharap bisa mengawali usaha ternaknya lagi. Bahkan, dia sudah menyiapkan kandang di belakang rumah. Harapannya, kambing tersebut, akan berkembang lebih banyak untuk membantu kehidupan keluarganya.


“Akan saya rawat dengan sebaik-baiknya. Agar bertambah banyak. Untuk makanan kambing di sini banyak sekali,” kata dia.


Samain merupakan warga kurang mampu. Kondisi fisiknya memang tidak memungkinkan untuk bekerja berat. Selama ini, ia bekerja serabutan dengan penghasilan sekitar Rp100 ribu hingga Rp150 ribu setiap minggunya.


Ada juga warga yang mendapatkan bantuan gerobak angkringan, gerobak roti bakar, alat pemotong kripik, serta tambahan modal usaha. Todal ada 15 KK di Kecamatan Pakis Aji yang mendapat bantuan ini.


Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto berharap kepada para penerima zakat produktif, khususnya yang menerima bantuan ternak kambing untuk tidak dijual. Akan tetapi dikembangkan agar jumlahnya bisa bertambah.


“Saya berharap bantuan yang sudah diterima ini, bisa dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya,” kata Dwi Riyanto.


Ketua Baznas Jepara Sholih mengatakan, bantuan yang diberikan berasal dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) 2,5 persen setiap bulanya. Harapanya, amanah yang diberikan ini bisa benar-benar tepat sasaran dan memberikan manfaat. 


Usai menyerahkan zakat produktif di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, rombongan juga menyerahkan bantuan zakat di Desa Jugo, Kecamatan Donorojo. Sebanyak 15 KK juga mendapatkan bantuan zakat produktif ini.


“Kalau di sini selain untuk modal usaha, ternak kambing, gerobak, juga ada yang dibantu alat mesin jahit. Ini disesuaikan kebutuhan mereka,” kata dia.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ada Kambing sampai Gerobak, Pemda Jepara bersama Baznas Salurkan Bantuan Zakat Produktif

Viral News

Iklan

iklan