Waduh! Data Peserta Vaksin Tercecer di Pendopo, Ini Tanggapan Bupati Jepara

Klikfakta.com
Jumat, 24 Desember 2021 | 19:56 WIB Last Updated 2021-12-25T10:13:03Z
Flashdisk Ebook Islami
Temukan Data Tercecer, Bupati Jepara Minta Fasyankes Jaga Data Pribadi Peserta Vaksin

KlikFakta.com, Jepara -
Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta semua Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang melakukan vaksinasi menjaga data pribadi para peserta vaksin. Hal ini ditegaskannya usai mendapati puluhan data kependudukan peserta vaksin tercecer di Pendapa RA Kartini Jepara, Jumat (24/12/2021).


“Nanti akan kita cek dan klarifikasi ke Dinas Kesehatan terkait dengan temuan data peserta vaksin yang tercecer ini. Kalau perlu akan dievaluasi kegiatannya,” kata Bupati Andi usai mengambil data peserta vaksin yang tercecer di Pendapa Jepara, Jumat (24/1/2021).


Data pribadi peserta vaksin, lanjutnya, harus dijaga dan dilindungi. Dirinya berharap kejadian ini tidak terulang lagi. “Data pribadi harus dilindungi, sebab ini tentu bisa berbahaya jika disalahgunakan. Ini bukan soal vaksinnya, tetapi soal data kependudukan yang harus dilindungi,” tegas Andi.


Dirinya meminta semua fasyankes dan penyelenggara vaksinasi untuk memperhatikan soal data peserta vaksin. Meskipun data yang bersangkutan sudah dimasukkan dalam sistem, tetapi berkasnya harus tetap dijaga dan dilindungi.


Data peserta vaksin yang ditemukan berupa kartu vaksinasi Covid-19, fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga dan lembaran skrining peserta sebelum dilakukan vaksinasi.


Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara dr. Eko Cahyo Puspeno mengungapkan jika selama data peserta vaksin selalu di simpan dengan baik di Dinas Kesehatan.


‘’Jadi biasanya setelah data di entry, data peserta vaksin langsung kita amankan,’’ jelasnya.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Waduh! Data Peserta Vaksin Tercecer di Pendopo, Ini Tanggapan Bupati Jepara

Viral News

Iklan

iklan