Percepat Herd Immunity Puskesmas Karimunjawa Lakukan Vaksinasi Door to Door

Klikfakta.com
Jumat, 03 Desember 2021 | 12:09 WIB Last Updated 2021-12-03T05:09:01Z
Flashdisk Ebook Islami

Percepat Herd Immunity Puskesmas Karimunjawa Lakukan Vaksinasi Door to Door

KlikFakta.com, Jepara -
 Guna mempercepat pembentukan herd immunity (kekebalan komunal), Puskesmas Karimunjawa melaksanakan vaksiasi door to door sebagai upaya pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah kepulauan terpencil. 

Kepala Puskesmas Karimunjawa Suhadi, Kamis (2/12/2021) mengatakan, sesuai dengan instruksi Bupati Jepara Dian Kristiandi pihaknya saat ini tengah mempercepat proses vaksinasi di Karimunjawa.

Pencapaian vaksinasi di Karimunjawa sudah mencapai 97,12 persen. Untuk mencapai 100 persen pihak Puskesmas terus melakukan vaksinasi door to door ke rumah warga. 

Tidak hanya di Karimunjawa, pihak puskesmas dengan menggunakan kapal menuju kepulauan Parang, Nyamuk, dan Genting yang cukup jauh dari fasilitas kesehatan. 

“Kami juga melakukan vaksinasi door to door, hingga ke Pulau Parang, Nyamuk dan Genting. Ini untuk menjangkau warga lanjut usia yang ada di sana,” kata dia. 

Hingga, akhir bulan November, dari target vaksiansi sebanyak 8.128 orang untuk dosis pertama sudah tercapai sebanyak 7.894 orang (97,12 persen). Sedangkan untuk dosis kedua mencapai 5.621 orang (69,15 persen). 

“Untuk mencapai seratus persen di wilayah tujuan pariwisata pihak Puskesmas Karimunjawa terus berupaya melakukan vaksinasi door to dor ke rumah warga,” kata dia.  

Dikatakan Suhadi, keterbatasan tempat tinggal mereka dengan fasiltas layanan kesehatan menjadi kendala untuk melakukan vaksinasi. Sehingga yang tepat dengan melakukan jemput bola atau door to door. 

“Seperti di Pulau Parang, Nyamuk kita harus menggunakan perahu lagi menuju sana,” katanya. 

Selain itu banyak warga yang sudah meninggal dunia masih tercatat dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga pemerintah masih harus menyinkronkan data.

Saat ini, pemerintah Kabupaten Jepara menargetkan sebanyak 922.450 warga Jepara sudah divaksin Covid-19. 

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Percepat Herd Immunity Puskesmas Karimunjawa Lakukan Vaksinasi Door to Door

Viral News

Iklan

iklan