Pemilihan Ketua RT di Desa Kecapi Jepara Layaknya Gelaran Pemilu

Klikfakta.com
Minggu, 26 Desember 2021 | 07:28 WIB Last Updated 2021-12-26T00:28:18Z
Flashdisk Ebook Islami
Pemilihan Ketua RT di Desa Kecapi Jepara Layaknya Gelaran Pemilu

KlikFakta.com, Jepara - 
Pemilihan ketua rukun tetangga (RT) biasanya tak diminati warga. Lantaran umumnya pemilihan ketua RT/RW dipilih langsung melalui musyawarah tanpa adanya pesta demokrasi layaknya pemilu.


Namun, hal itu tidak berlaku bagi warga RT 21 RW 04 Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Panitia mendesain pemilihan layaknya pemilu agar warga dapat berpartisipasi langsung.


Pemilihan ketua RT periode 2022- 2026 disambut antusias warga. Calon ketua RT dipilih dengan sistem seperti pemilu yang dilaksanakan di halaman rumah salah satu warga. 


Salah satu panitia, Miftahul Huddin mengatakan ada lima calon ketua RT 21 RW 04, di antaranya Edi Ruswanto nomor urut 1, Edi Susanto nomor urut 2, Khoirul Huda nomor urut 3, Sunoto nomor urut 4 dan Nur Rohmad nomor urut 5.


"Kita belajar saat ini yang namanya demokrasi. Kita belajar dari pemilu, Selama proses pemilihan ketua RT tidak ada kendala. Para warga merasa senang, mereka mendukung dan antusias. Semua dilakukan dengan swadaya bersama masyarakat," ujarnya, Sabtu (25/12/2021).


Setelah pemilihan, masyarakat baik dari kalangan anak muda, ibu-ibu dan bapak-bapak langsung berbondong-bondong memadati lokasi pemilihan.


Berdasarkan hasil penghitungan suara pemilihan calon ketua RT 21 RW 04 sebanyak 53 suara untuk calon no. urut 1 , sebanyak 58 untuk nomor urut 2, sebanyak 24 untuk nomor urut 3, sebanyak 6 suara untuk nomor urut 4 dan sebanyak 79 nomor urut 5.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemilihan Ketua RT di Desa Kecapi Jepara Layaknya Gelaran Pemilu

Viral News

Iklan

iklan