Garnita NasDem Jepara Gelar Lomba Cipta dan Baca Puisi Angkat Tema Ratu Kalinyamat

Klikfakta.com
Minggu, 26 Desember 2021 | 19:08 WIB Last Updated 2021-12-26T12:08:36Z
Flashdisk Ebook Islami
Garnita NasDem Jepara Gelar Lomba Cipta dan Baca Puisi Angkat Tema Ratu Kalinyamat

KlikFakta.com, Jepara - 
Lomba cipta baca puisi yang diadakan Gerakan Wanita (Garnita) DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara memasuki babak final. Para finalis beradu kreativitas secara luring di aula kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara, Minggu (26/12/2021).


Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara, Pratikno, mengatakan tema lomba cipta dan baca puisi kali ini adalah Ratu Kalinyamat Sang Pahlawan. Tema ini sengaja dipilih untuk menegaskan bahwa Ratu Kalinyamat meski belum dinobatkan sebagi pahlawan nasional, namun perjuangannya mengusir penjajah nyata.


"Saat ini Ratu Kalinyamat memang belum ditetapkan jadi pahlawan nasional karena masih proses pengusulan. Tapi, perjuangannya Ratu Kalinyamat nyata mengusir penjajah," ujar Pratikno.


Lomba ini, kata dia, mayoritas diikuti remaja dan anak-anak. Mereka diharapkan dapat mengenalkan serta mengedukasi generasi muda tentang sosok Ratu Kalinyamat lewat karya sastra puisi.


"Pengenalan sejarah kepada anak-anak muda ini penting, sebab untuk menumbuhkan kembangkan rasa nasionalisme, ya sejarah perjuangan tokoh-tokoh bangsa ini jangan dilupakan," kata Pratikno.


Salah satu peserta, Maulana Putra Ardian mengatakan mengetahui sosok Ratu Kalinyamat dari membaca buku koleksi sewaktu bersekolah di SD Negeri 4 Panggang. Siswa yang kini duduk di kelas VII SMP Negeri 2 Jepara mengenal Ratu Kalinyamat sebagai pemimpin perempuan yang tegas dan pemberani.


"Tahu Ratu Kalinyamat dari SD, baca buku di Perpustakaan sekolah. Terus ikut lomba ini dilatih orangtua baca puisi," kata Maulana.


Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri, Akhmad Khoril Anwar keluar sebagai juara pertama. Kemudian disusul berturut-turut Mufarih Ni'am dan Diyah Ermiaya Putri sebagai juara dua dan tiga. 


Kemudian juara harapan satu Maulana Putra. Sebagai juara harapan dua dan tiga yaitu, Khoirun Nisak dan Naila Izah.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Garnita NasDem Jepara Gelar Lomba Cipta dan Baca Puisi Angkat Tema Ratu Kalinyamat

Viral News

Iklan

iklan