Bupati Jepara Beri Penghargaan Apresiasi pada Juru Kunci Makam se-Kabupaten

Klikfakta.com
Minggu, 26 Desember 2021 | 11:34 WIB Last Updated 2021-12-26T04:34:13Z
Flashdisk Ebook Islami
Bupati Jepara Beri Penghargaan Apresiasi pada Juru Kunci Makam se-Kabupaten

KlikFakta.com, Jepara -
 Bupati Jepara Dian Kristiandi memberikan piagam penghargaan kepada sekitar 200 juru kunci makam di Kabupaten Jepara. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Andi kepada tiga juru kunci makam saat Istigasah dan Doa Bersama di Pendapa RA. Kartini Jepara, Sabtu (25/12/2021).

“Ini sebagai salah satu bentuk kecil apresiasi dan penghargaan kepada para juru kunci makam yang selama ini telah berjasa merawat dan melestarikan makam para leluhur atau sesepuh di Kabupaten Jepara,” kata Bupati Andi.

Menurut Andi, tidak mudah menjadi seorang juru kunci. Lantaran mereka merupakan sosok pilihan atau bisa dari turun temurun. Tidak semua orang bisa menjalaninya karena mereka berperan sebagai mediator bagi para peziarah.

“Meski kadang imbal balik yang didapat belum tentu sepadan, namun panjenengan semua tetap mengabdi dengan ikhlas dan penuh rasa tanggungjawab terhadap obyek yang dijaga,” imbuhnya.

Juru kunci makam menjaga, merawat, dan memelihara makam sebagai sebuah amanah. tak hanya itu, mereka juga menjaga keamanan lingkungan, kebersihan, dan keaslian makam.

“Sepanjang hidup didedikasikan untuk menjaga sejarah religi, budaya, tradisi serta warisan sacral yang ada telah sejak dahulu kala. Bisa dibayangkan jika tidak ada juru kunci makam, maka generasi sekarang tidak akan mengenal sejarah situs budaya dan religi. Untuk itu, Pemkab Jepara menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya,” jelas Andi.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan itu meminta kepada para juru kunci untuk bisa mengingatkan, mengawasi serta memberikan pemahaman kepada para peziarah untuk tetap berdisiplin mematuhi protokol kesehatan, sebab pandemi belum usai.

“Semoga istigasah ini menjadi media bagi kita untuk ngalap berkah, berdoa mohon pertolongan serta pengampunan, mempererat rasa senasib sepenanggungan agar Jepara diberikan banyak kebaikan, kedamaian dan rahmat. Serta dijauhkan dari bala’ maupun musibah dan emnjadi rumah yang nyaman bagi kita semua,” tandas Andi.

Istigasah dan doa bersama ini diikuti oleh juru kunci makam se-Kabupaten Jepara. Hadir juga untuk memberikan tausiah KH. Abdullah Umar Fayumi (Gus Umar) dari Pati. Serta Sekda Jepara Edy Sujatmiko dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Jepara Beri Penghargaan Apresiasi pada Juru Kunci Makam se-Kabupaten

Viral News

Iklan

iklan