BINDA Jawa Tengah Gelar Vaksinasi Door to Door Di Tahunan Jepara

Klikfakta.com
Minggu, 05 Desember 2021 | 20:48 WIB Last Updated 2021-12-05T13:48:18Z
Flashdisk Ebook Islami
BINDA Jawa Tengah Gelar Vaksinasi Door to Door Di Tahunan Jepara

KlikFakta.com, Jepara - 
Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah menggelar vaksinasi massal untuk masyarakat secara door to door di tiga kabupaten, yakni Purworejo, Pekalongan dan Jepara pada Sabtu (4 Desember 2021).

 
Binda Jateng saat ini fokus melaksanakan vaksinasi di wilayah yang belum mencapai 70%. Dari data yang diperoleh Binda Jateng, hingga 3 Desember 2021 capaian vaksinasi di Kabupaten Jepara baru 60,17%, Pekalongan 62,49% dan Purworejo 65,44%, sementara capaian provinsi sudah mencapai rerata prosentase 72,02%.


“Kegiatan vaksinasi massal ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Kepala BIN dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan persebaran vaksinasi Covid-19 guna mewujudkan herd immunity (kekebalan komunal) pada akhir 2021” Kata Kepala Binda Jawa Tengah Brigjen TNI Sondi Siswanto


Lebih lanjut ia menambahkan sebanyak 10.000 dosis vaksin disiapkan Binda Jateng untuk pelaksanakan vaksinasi pelajar dan masyarakat secara door to door maupun mobilisasi lansia di tiga Kabupaten tersebut.


“Untuk Kabupaten Purworejo dilaksanakan di dua kecamatan; Kemiri dan Bayan, sedangkan di Kabupaten Pekalongan dilaksanakan di 4 kecamatan; Karangdadap, Buaran, Wonokerto dan Talun, sementara di Kabupaten Jepara dilaksanakan di Kecamatan Tahunan”, lanjut Sondi.


Menurut Kepala Puskesmas Tahunan dr. Megarini Hesti Aries Setiowati selaku penanggungjawab pelaksanaan vaksinasi di pendopo Kecamatan Tahunan,  sebanyak 1000 vaksin didistribusikan 600 dosis untuk lansia dan 400 masyarakat umum, dengan sasaran utama 40 orang lansia di 15 desa se-kecamatan Tahunan.


“Vaksinasi door to door menyasar lansia yang tidak bisa dimobilisasai menuju pendopo kecamatan. Vaksinasi dilaksanakan oleh bidan desa dengan didampingi nakes dari Puskesmas, Babinkabtibmas dari Polsek Tahunan dan Babinsa dari Koramil Tahunan”, kata Megarini.


Dari hasil sampling vaksinasi door to door di Dukuh Wonosari RT 002 RW 005 Desa Tahunan terhadap 5 lansia; Rosidi (68 tahun), Daonah (65), Sunah (61), Asmi (69) dan Sanisih (63), hanya 1 orang yang berhasil dilakukan vaksinasi yakni Sunah. Kebanyakan dari lansia yang dikunjungi mempunyai penyakit bawaan dan tekanan darah yang tinggi melebihi tekanan darah normal.


Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko yang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal bersama Dandim 0719 Jepara Letkol Arh. Tri Yudhi Herlambang, Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Kepala DinasKesehatan Jepara Mudrikatun menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Binda Jawa Tengah.


“Sampai saat ini memang Jepara masih berada pada level 3, untuk itu sampai akhir 2021 ini akan kita serbu vaksinasi untuk lansia agar bisa mencapai 40%, sehingga pada akhirnya Jepara bisa naik ke level 2 atau level 1 serta terjadi herd immunity atau kekebalan komunal”, jelas Edy.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BINDA Jawa Tengah Gelar Vaksinasi Door to Door Di Tahunan Jepara

Viral News

Iklan

iklan