Iklan

iklan

Waspada! Tren Add Yours di Instagram Bisa Curi Data pribadi Anda

Klikfakta.com
Rabu, 24 November 2021 | 12:18 WIB Last Updated 2021-11-24T05:18:16Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Nasional - 
Belakang ini tengah ramai penggunaan stiker “Add yours” di Instagram hingga menjadi tren di kalangan penggunanya.



Tantangan yang diposting di Instastory ini mengajak penggunanya berbagi informasi, baik teks ataupun foto.



Para pengguna Instagram harus waspada pada tantangan ini. Pasalnya, informasi pribadi yang anda tulis dapat digunakan oleh pihak tak bertanggungjawab. Anda bisa saja menjadi korban penipuan.



Tantangan ini bisa meminta anda memberi tahu nama, alamat, nama anak, hingga meminta anda untuk menunjukkan tanda tangan.



Pengamat media sosial Enda Nasution menyebut risiko pencurian data pribadi tidak hanya berasal dari tantangan Add Yours saja.



“Pada dasarnya tanpa stiker itupun semua foto atau video yang kita posting ke IG Story slalu bisa dimanfaatkan untuk pihak tidak bertanggungjawab, kecuali akunnya kita private, jadi bukan karena fitur Add Yours-nya itu,” ujar Enda mengutip Kompas.com, Rabu (24/11/2021).



Dia mengatakan setiap informasi yang dibagikan di media sosial memiliki risiko keamanan untuk dimanfaatkan oleh orang lain.



“Slalu ada spektrum antara keamanan dan informasi yang kita bagikan. Kalau mau aman sekali ya tidak ikut posting apapun, di Add Yours atau posting lainnya,” tegas Enda.



Enda menyarankan agar para pengguna lebih bisa mawas diri dan berhati-hati dalam membagikan informasi di media sosial.



“Kita sebagai pengguna media sosial harus sadar bahwa apapun yang kita posting masuk ke ranah publik dan bisa diakses oleh siapapun,” kata dia.



“Jadi berhati-hati dengan info yang kita postingkan, baik ke media sosial maupun ke orang yang baru kita kenal,” pungkasnya.



Kominfo RI sendiri telah mengimbau agar pengguna media sosial bijak dan mewaspadai adanya tren ini.

"Informasi yang diminta dan kita bagikan jika dikumpulkan bisa menjdai kumpulan data pribadi. data pribadi yang kita sebarkan ke dunia maya berpeluang untuk disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab," terang Kominfo melalui Instagramnya.

(MM)

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Waspada! Tren Add Yours di Instagram Bisa Curi Data pribadi Anda

Viral News

Iklan

iklan