Iklan

iklan

Upaya Lestarikan Kesenian Tradisional, Disparbud Jepara Luncurkan Gamelan Selaras

Klikfakta.com
Rabu, 10 November 2021 | 19:43 WIB Last Updated 2021-11-10T12:43:57Z
Flashdisk Ebook Islami
Upaya Lestarikan Kesenian Tradisional, Disparbud Jepara Luncurkan Gamelan Selaras

KlikFakta.com, Jepara-
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara meluncurkan program Gelar Aksi Melestarikan dan Mengembangkan Seni Tradisional Berbasis Masyarakat (Gamelan Selaras). Itu sebagai bentuk upaya melestarikan kesenian tradisional dan kebudayaan di Bumi Kartini.


Kepala Disparbud Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza, mengatakan penjabaran secara teknis program Gamelan Selaras tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Jepara No 57 tahun 2021 tentang Pelestarian dan Pengembangan Seni Budaya Tradisional di Kabupaten Jepara. Perbup tersebut secara resmi baru mulai diundangkan Senin, 8 November 2021.


“Jadi program Gamelan Selaras ini bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional dan kebudayaan warga sedini mungkin. Kemudian tertuang dalam Perbup,” ujar Zamroni, Rabu, 10 November 2021.


Melalui program Gamelan Selaras, Zamroni, berharap seluruh elemen masyarakat tergugah dan lebih serius dalam melestarikan kesenian tradisional dan kebudayaan. Sehingga, keberadaan kesenian tradisional dan kebudayaan tetap lestari di tengah-tengah masyarakat.


Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan program Gamelan Selaras yang dicetuskan Disparbud Jepara sebagai komitmen pemerintah dalam melestarikan kesenian tradisional dan kebudayaan. Serta, upaya untuk megembangkan kesenian tradisional yang sudah ada melalui Perbup.


“Jadi lembaga pemerintahan, misalnya desa, jika menyambut tamu wajib memberikam suguhan kesenian tradisional. Hotel juga kita wajibkan, setiap hari menampilkan gamelang, walaupun cuma dua gamelang tidak apa-apa. Karena itu sudah mengingatkan bahwa di Jepara juga ada kesenian sepeti itu. Itu salah satu contoh bentuk penerapan Gamelan Selaras ini,” kata Dian.


Selain itu, program Gamelan Selaras juga tumbuh dn berkembang di lingkungan pendidikan. Itu dapat tertuang melalui kegiatan ekstrakurikuler maupun melalui mata pelajaran yang diajarkan di dalam kelas.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upaya Lestarikan Kesenian Tradisional, Disparbud Jepara Luncurkan Gamelan Selaras

Viral News

Iklan

iklan