Iklan

iklan

Peringati Hari Pahlawan Bupati dan Forkompinda Ziarah Ke Makam Pahlawan

Klikfakta.com
Rabu, 10 November 2021 | 19:34 WIB Last Updated 2021-11-10T12:34:51Z
Flashdisk Ebook Islami
Peringati Hari Pahlawan Bupati dan Forkompinda Ziarah Ke Makam Pahlawan

KlikFakta.com, Jepara-
Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November Bupati Jepara Dian Kristiandi berserta bersama jajaran forkopimda melaksanakan ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma Jepara.


Bupati bersama jajaran forkopimda mengawali kegiatan itu dengan upacara, diikuti oleh para kepala perangkat daerah serta TNI, Polri, dan perwakilan aparatur sipil negara.


Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan semangat api perjuangan para pahlawan diharapkan mampu membangkitkan jiwa nasionalisme. Terlebih dalam menjawab setiap tantangan yang tengah dihadapi saat ini dan masa datang.


Bupati mengajak seluruh anak bangsa untuk bisa meneladani jiwa perjuangan dan semangat pantang menyerah dari para pahlawan. Dian Kristiandi pun menegaskan semangat mempertahankan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila harus terus menyala. “Era kekinian, pahlawan itu bagaimana kemudian kita ini mampu tetap mempertahankan dari rongrongan ideologi yang tidak bisa menerima Pancasila,” ujarnya.


Dia juga menyebut bahwa Pancasila merupakan ideologi terakhir dari bangsa ini. Maka perlu adanya komitmen bersama untuk bersatu, dan menjadi bagian dalam menjaga kedaulatan bangsa sebagaimana para pendahulu. “Terorisme, radikalisme, intoleransi, itu kekinian. Maka kita juga harus sama-sama punya komitmen untuk melawan itu,” tandas bupati.


Selain dijadikan bahan refleksi, peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk memberikan bentuk kesejahteraan dan membangkitkan semangat pengabdian bagi masyarakat. “Itu menjadi salah satu perjuangan kita semuanya untuk mengambil komitmen,” imbuhnya.


Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan para peserta terlihat melakukan berbagai penghormatan. Di antaranya, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan penghormatan terakhir para pahlawan.


Setelah rangkaian upacara usai, dilakukan tabur bunga di atas pusara para kusuma bangsa. Di TMP Giri Dharma ini terdapat 28 makam pahlawan. Antara lain Sersan Mayor (purnawirawan) dari kesatuan TNI NPV 19808 Arief Ma’soem Riswijayanto, Kopral TNI kesatuan BN.281 Surawi, dan prajurit TNI kesatuan BN II Res.28 Sarpon.

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hari Pahlawan Bupati dan Forkompinda Ziarah Ke Makam Pahlawan

Viral News

Iklan

iklan