Pemerintah Turki Deportasi Imigran Suriah yang Posting Video Makan Pisang di TikTok, Kenapa Ya?

Klikfakta.com
Sabtu, 27 November 2021 | 15:20 WIB Last Updated 2021-11-27T08:20:18Z
Flashdisk Ebook Islami

KlikFakta.com, Internasional - 
Pemerintah Turki dikabarkan mendeportasi 45 pengungsi asal Suriah akibat memposting video makan pisang di platform TikTok. Tapi pemerintah Turki memiliki alasannya tersendiri.



Sebelumnya, 45 pengungsi Suriah itu telah ditahan karena postingan mereka yang dinilai provokatif. Hingga akhirnya Direktorat Jenderal Manajemen Migrasi Turki memutuskan mendeportasi mereka.



Mengutip dari Turkish Time, kabar ini diketahui melalui laporan berita lokal pada hari Jumat (12/11/2021).



Video makan pisang yang dilakukan oleh pengungsi Suriah ini adalah buntut panjang dari salah satu wawancara jalanan dengan seorang penduduk Turki. Dalam wawancara tersebut dia mengatakan orang Suriah di Turki bisa membeli berkilo-kilo pisang sedangkan dia sendiri tidak mampu.



Wawancara di Distrik Esenler, Istanbul itu menyoroti beberapa orang Turki yang terlihat menyerang seorang pemuda Suriah. Pemuda itu berkata “tidak akan datang ke Turki bila di Suriah tidak ada perang.”



Seorang penduduk Turki kemudian berkata “kembalilah ke Suriah. Kau hanya penyewa, kami tuan tanah disini. Tapi kau punya kondisi lebih baik daripada aku. Aku tidak bisa makan pisang, sedangkan kau membelinya berkilo-kilo di pasar petani.”



Untuk memprotes sikap diskriminasi dan rasis dari orang Turki itu, akhirnya banyak pengungsi Suriah yang membuat video menampakkan dirinya sedang makan pisang.



Sentiment anti migran di Turki memang sedang panas-panasnya. Ini juga dipicu oleh terpuruknya ekonomi Turki yang menyebabkan banyak orang Turki terjebak dalam kemiskinan. Belum lagi masalah pengangguran dan harga makanan yang meroket.



Akibat dari krisis ini, masyarakat Turki menunjuk-nunjuk 3,7 juta pengungsi Suriah sebagai pemicu masalah ekonomi.

(MM)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Turki Deportasi Imigran Suriah yang Posting Video Makan Pisang di TikTok, Kenapa Ya?

Viral News

Iklan

iklan