Iklan

iklan

Inovasi Desa Jatimulyo, Membuat Batako Dari Bahan Abu Pembakaran Sampah Masyarakat

Klikfakta.com
Minggu, 21 November 2021 | 10:40 WIB Last Updated 2021-11-21T03:40:49Z
Flashdisk Ebook Islami


Klikfakta.com, Demak
- Siapa sangka limbah abu dari pembakaran sampah masyarakat bisa dimanfaatkan untuk bahan baku material bangunan. Kepala Desa Jatimulyo AHMAD ZAMRONI berhasil memanfaatkan limbah abu pembakaan sampah tersebut untuk dijadikan material pembangunan berupa batako.


Bahan bekas limbah pembakaran sampah di wilayah Desa Jatimulyo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah ini hampir tidak berguna, kemudian Ahmad Zamroni berpikir apa bisa limbah seperti ini di jadikan dan dimanfaatkan untuk bahan material bangunan.


Kemudian Ahmad Zamroni membuka youtobe mencari materi yang bahan baku limbah di jadikan bahan material bangunan.


"Saya berpikir waktu itu, apakah bisa bahan limbah sampah masyarakat ini bisa dimanfaatkan, kemudian saya buka-buka di internet yaitu di youtobe, kebetulan yang tak buka adalah limbah PLTU disulap menjadi bahan bangunan batako", ujar Ahmad Zamroni.


Berkaca dari hal tersebut kemudian Ahmad Zamroni berembuk dengan perangkat desa dan direktur Bumdes untuk berenovasi menciptakan material batako dari bahan baku limbah pembakaran  sampah masyarakat.


Pemerintah desa bersama dengan Bumdes Mulyo Berkarya Desa Jatimulyo kemudian merespon hal tersebut dan berupaya mengolah bahan baku tersebut menjadi bahan material yaitu batako.


Sedangkan proses pembuatan batako dari limbah pembakaran abu sampah masyarakat, yang dilaksanakan pada hari minggu, 21 November 2021 yang bertempat di halaman balai desa Jatimulyo Kec.Bonang Kab.Demak.


Sedangkan proses pembuatanya, SUNOKO selaku Direktur Bumdes dan juga sebagai narasumber kegiatan tersebut menjelaskan,"Pertama kita ambil abu sampah secukupnya kemudian dicampur dengan tetes air tebu dan semen sebagai perekat di kasih air secukupnya lalu di aduk, setelah adukan rata kemudian kita cetak dalam cetakan batako jangan lupa di pukul-pukul tujuanya agar batako padat, rata dan kuat" (21/11)


"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, nantinya bisa menciptakan lapangan kerja dan menekan angka kemiskinan dan ketimpangan di desa Jatimulyo ini".harapnya.


"Semoga masyarakat desa mendukung dan bersinergi untuk memajukan desa dengan berinovasi mengembangkan semua potensi sumber daya alam di desa kita yang tercinta ini", tambahnya.


"Kegiatan pelatihan limbah sampah dijadikan bahan material batako ini di danai dari sumber dana (DDS) Dana Desa tahun anggaran 2021".tukasnya.


Sedangkan Ketua BPD SODIKIN mengatakan, "Kegiatan ini adalah awal dari kebangkitan desa Jatimulyo, dan harapan kedepan semoga kegiatan pembuatan batako dari bahan baku abu pembakaran sampah masyarakat ini bisa berkembang dan nantinya bisa menyerap tenaga kerja dan bisa mengurangi pengangguran di desa kita ini".


Hadir pula dalam pelaksanaan pembuatan batako,Perangkat Desa,Ketua BPD, Ketua LKMD, Direktur Bumdes Mulyo Berkarya, Bhabinkamtibmas dan juga Babinsa.(Agil)

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi Desa Jatimulyo, Membuat Batako Dari Bahan Abu Pembakaran Sampah Masyarakat

Viral News

Iklan

iklan