Iklan

iklan

Generasi Milenial Diminta Tidak Melupakan Sejarah Bangsa

Klikfakta.com
Rabu, 06 Oktober 2021 | 17:57 WIB Last Updated 2021-10-06T10:57:08Z
Flashdisk Ebook Islami

Bupati Dian Kristiandi bercengkrama langsung dengan siswa SMAN 1 Mlonggo

KlikFakta.com, Jepara - 
Generasi milenial memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia. Sebagai agen perubahan jiwa patriotisme, rasa cinta tanah air bisa diwujudkan salah satunya dengan ikut mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi saat safari kebangsaan di SMAN 1 Mlonggo (Smansago), Rabu (6/10/21).


Acara yang diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jepara ini mengusung tema
"Milenial Cinta Negeri". Tema tersebut mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dengan keanekaragaman suku bangsa, agama, ras, dan bahasa.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Smansago Fandeli beserta para guru, Komite Sekolah, Forkompimcam, serta siswa siswi. 

Fandeli menyatakan bersyukur Bupati Jepara bisa hadir di SMAN 1 Mlonggo. Menurutnya,  kegiatan belajar mengajar (KBM) sangat dirindukan siswa. Karena selama ini para siswa melaksanakannya secara daring.

"Kami keluarga besar Smansago mengucapkan selamat datang kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi. Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami," kata dia.

Fandeli berharap dengan kedatangan orang nomor satu di Jepara ini bisa menambah motivasi siswa dalam menuntut ilmu. Apalagi materinya tentang wawasan kebangsaan. Hal ini perlu ditanamkan kepada generasi milenial sebagai generasi penerus bangsa.

"Mudah-mudahan para siswa memahami tentang wawasan kebangsaan. Ini yang harus kita tanamkan sejak dini. Di tangan merekalah tongkat estafet perjuangan bangsa akan dilanjutkan," tuturnya.

Sementara itu Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sambutannya mengaku senang bisa berinteraksi langsung dengan siswa. Andi sapaan akrabnya berharap, agar generasi milenial harus paham sejarah perjuangan pahlawan terdahulu.

Menurutnya, kemerdekaan bangsa Indonesia tidak lepas dari para pahlawan yang gugur mendahului kita. Tidak hanya itu, para ulama juga ikut mempertahankan negara Indonesia dari penjajah. Dan juga para pemuda pemudi dari berbagai suku.

“Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi generasi milenial untuk berkiprah dalam melestarikan keanekaragaman  sebagai bentuk cinta tanah air” terang Andi.

Adanya silaturahmi ini menunjukkan komitmen untuk membangun kehidupan yang dilandasi oleh nilai keagamaan dan kebangsaan yang berjalan secara harmonis. Yakni bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara seyogyanya dilandasi oleh ilmu keagamaan sebagai manusia yang beradab. Sehingga terbentuk suatu bangsa yang kuat.

Suatu bangsa yang kuat adalah yang bisa membangun rakyatnya menjadi produktif dan mandiri sehingga dapat berkontribusi pada daerahnya. Meski demikian ia tidak melupakan adat dan budaya kedaerahan yang menjadi satu kesatuan dalam hidup berbangsa, bernegara, Berbudaya dan beragama. Indonesia terkenal akan budayanya.

Pepatah menyebutkan bila budayanya rusak maka hancur pula negaranya. Oleh karena itu mari satukan tekad untuk memperkokoh dalam membangun negara ini dengan penuh tanggung jawab sehingga menjadi bangsa yang bermartabat dan sejahtera. 

"Saya titip pesan untuk kalian, pegang teguh nila-nilai pancasila. Jangan lupakan sejarah bangsa kita Indonesia. Di pundak kalian kemajuan suatu bangsa sangat diharapkan," tegasnya.

Andi juga menekankan generasi milenial tidak terpengaruh dengan berita bohong di media sosial. Di era digitalisasi sekarang, kita harus waspada terhadap berita yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan. 

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan vaksinasi dosis kedua untuk 200 siswa. Didamping kepala Kepala Puskesmas Mlonggo dr. Aton Brillianto meninjau jalannya vaksinasinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara. 

(FERDY)
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Generasi Milenial Diminta Tidak Melupakan Sejarah Bangsa

Viral News

Iklan

iklan