Iklan

iklan

Ratusan Warga Karimunjawa Belum Punya Akta Kelahiran, Disdukcapil Lakukan Jemput Bola

Klikfakta.com
Rabu, 22 September 2021 | 13:23 WIB Last Updated 2021-09-22T06:23:59Z
Flashdisk Ebook Islami


KlikFakta.com, Jepara
- Ratusan warga Karimunjawa tercatat belum mempunyai akta kelahiran. Guna menggenjot kepemilikan akta kelahiran bagi warga Kabupaten Jepara termasuk warga kecamatan Karimunjawa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan jemput bola di pulau terluar Jepara itu.


Plt Kadis Dukcapil, Dwi Riyanto melalui Kabid Pencatatan Sipil, Wafa Elvi Sahiroh mengatakan, saat ini tingkat kepemilikan akta kelahiran penduduk Karimunjawa usia 0 - 18 tahun sudah sangat baik. Dari 3.068 warga, sudah 2.779 warga usia 0 - 18 tahun yang mengantongi akta kelahiran atau 90,58 persen. Artinya, tinggal 289 warga yang belum memiliki akta kelahiran. 


" Oleh karena itu mulai hari ini Disdukcapil melakukan pelayanan jemput bola di Karimunjawa. Selama sehari, 7  petugas Disdukcapil ditargetkan bisa melayani setidaknya 60 warga," kata Wafa Selasa (21/9/21).


Wafa Elvi Sahiroh menambahkan,selain pelayanan biasa, Disdukcapil juga melayani secara terintegrasi. Artinya, meskipun warga hanya meminta akte kelahiran, pihaknya juga menerbitkan kartu keluarga (KK) jika anak tersebut belum terdaftar di KK. 


"Demikian halnya jika warga memohon akte kematian, mereka akan mendapatkan KTP dengan status baru dan KK baru," terang Wafa.


Wafa menambahkan, selain pelayanan jemput bola khusus akta kelahiran dan kematian, Minggu depan Disdukcapil sudah merencanakan kegiatan serupa untuk pelayanan permohonan KTP, Kartu Identitas Anak (KIA) dan KK. Dan di bulan depan, pelayanan akta kelahiran akan hadir lagi di Karimunjawa.


Langkah Disdukcapil itu mendapatkan sambutan baik dari camat Karimunjawa Moh Eko . Dirinya berharap frekuensi pelayanan jemput bola Disdukcapil di Karimunjawa ditingkatkan.


 "Pelayanan jemput bola ini sangat membantu warga Karimunjawa. Selain jarak yang jauh dengan pelayanan Disdukcapil, pelayanan online belum familier bagi warga Karimunjawa. Banyak warga yang masih gagap teknologi," kata Eko. 

(Ferdi)

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Warga Karimunjawa Belum Punya Akta Kelahiran, Disdukcapil Lakukan Jemput Bola

Viral News

Iklan

iklan