Iklan

iklan

Tim PKM-PI Universitas Tidar Berhasil Kembangkan Mesin Pertaninan dan Lolos Pendanaan Kemendikbud Ristek

Klikfakta.com
Senin, 30 Agustus 2021 | 08:23 WIB Last Updated 2021-08-30T01:24:12Z
Flashdisk Ebook Islami

Mesin pengering biji kopi hasil pengembagan oleh tim PKM-PI Universitas Tidar.

KlikFakta.com, JATENG
 - Tim PKM-PI Universitas Tidar berhasil mengembangkan mesin pertanian berupa mesin pengering kopi, inovasi mesin ini berhasil lolos dalam program seleksi pendanaan oleh Kemendikbud Ristek 2021.


Nantinya mesin tersebut akan dihibahkan kepada petani kopi desa, hal itu disampaikan ketua Tim PKM-PI universitas Tidar Feri Irawan. Mahasiswa asal Pacitan ini bersama Empat aggotanya, yaitu Mahdalina mursilati (Temanggung), Wahyuchandra Ramadhani (Jakarta), Adi Riski Setiawan (Pekalongan), Fina Al Fatikhiah (Jepara) berhasil membuat terobosan baru dengan menggunakan metode Auto HT control pada mesin pengering kopi yang mereka kembangkan.



"Mesin pengering kopi dengan metode auto ht control, merupakan terobosan baru dalam teknik pengolahan kopi. dengan pemanfaatan teknologi dimana mesin ini memiliki system kerja sebagai pengering kopi yang otomatis dapat mengontrol suhu dan mekanisme kerja menggunakan energi panas yang dihasilkan oleh kompor gas untuk mengeringkan kopi. Sekaligus menggunakan gaya putar yang dihasilkan motor listrik untuk memutar penampung agar panas yang dihasilkan kompor dapat menyebar keseluruh ruang tampung kopi." Jelas Feri Irawan Senin (30/08/2021).


Tidak hanya itu, mesin yang dikembangkan oleh mereka itu juga dapat menjaga cita rasa kopi. Lantaran mesin tersebut juga dilengkapi dengan teknologi pengontrol suhu ruangan.


"Ini juga dilengkapi dengan alat untuk mengontrol suhu ruangan yang digunakan untuk menjaga citarasa kopi. Sehingga alat ini mempunyai keunggulan dalam mengefisienkan waktu dan dan meningkatkan pendapatan petani" tambahnya.


Ia berharap mesin pengering kopi hasil inovasi mereka nantinya dapat memudahkan petani dalam pengolahan kopi pasca panen.


"Mesin pengering ini merupakan teknologi tepat guna dalam bidang pertanian yang bertujuan untuk memudahkan petani dalam pengolahan kopi pasca panen. Keunggulan produk ini adalah praktis, mudah dalam perawatan dan tentunya terjangkau oleh petani ” Ujar Feri Irawan.


Sementara itu Xander Salahudin selaku Dosen Pembimbing Program Kreatifitas Mahasiswa Universitas Tidar, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh mahasiswanya, ia berharap alat hasil inovasi Tim PKM-PI ini dapat memberi dampak baik kepada para petani.


"Kami berharap dengan adanya mesin pengering kopi dengan metode auto ht control ini dapat membantu memberikan solusi terbaik kepada para petani kopi yang ada di Desa Sambungrejo. Mengingat salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian kepada Masyarakat meskipun cara kami melalui implementasi mesin pengerin kopi" ujarnya.  


(ALI)

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim PKM-PI Universitas Tidar Berhasil Kembangkan Mesin Pertaninan dan Lolos Pendanaan Kemendikbud Ristek

Viral News

Iklan

iklan