Iklan

iklan

Sayur Becek, Perpaduan Unik Rempah dan Daging Khas Kota Purwodadi Yang Legendaris

Klikfakta.com
Rabu, 11 Agustus 2021 | 18:39 WIB Last Updated 2021-08-11T11:39:14Z
Flashdisk Ebook Islami


KlikFakta.com, Grobogan -
Tidak hanya Swieke, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah juga memiliki makanan yang begitu populer dan dikenal luas oleh masyarakat Purwodadi, yakni Sayur Becek. Kata becek sendiri berasal dari cara meracik bumbu dengan ditumbuk memakai batu. Lalu dari situlah disebut "Becek".


Dulu hidangan ini hanya disajikan kepada para tamu saat ada acara hajatan. Namun, karena dinilai memiliki rasa yang begitu khas, kemudian sayur becek dijadikan menu andalan khas Purwodadi.


Sekilas hidangan ini hampir mirip dengan asam-asam atau kari. Hal itu dikarenakan  kuah becek berwarna keruh dengan rempah-rempah khusus yang berisikan daging sapi atau iga sapi. Cita rasa yang begitu khas didominasi rasa pedas dan sedikit asam segar dari daun kedondong menambah kesan nikmat. 


Meskipun ada makanan lain khas Purwodadi namun Sayur Becek tetaplah menjadi pilihan utama. Seperti halnya di warung makan Putra 45 Kota Purwodadi di Jengglong Timur tepatnya di depan Kantor Pos dekat Alun-Alun. 


Rumah makan Putra 45  menjadi tempat makan yang tertua di Purwodadi. Rumah makan ini menyuguhkan menu spesial sayur becek yang rasanya begitu khas dan mempertahankan orisinalitas bumbu-bumbu tradisional. 


"Warung keluarga kami berdiri sejak tahun 1945 namun pada tahun 1995, sayur becek baru ditambahkan di daftar menu makanan warung kami, saat itu sayur becek sering dihidangkan di acara hajatan lalu saya berfikir untuk menjadikan peluang bisnis, saya pun mempelajari bagaimana memasak sayur ini dari desa ke desa. Ketika itu kami orang pertama yang menjual hidangan sayur becek. " ucap Purwati pemilik warung 45 (9/8/2021).


Kadang sehari habis minimal 25 kilogram, tetapi semenjak di adakannya PPKM di kota Purwodadi, kini pemilik warung mengurangi dagangannya. 


"Daun dayakan lah yang menambah rasa asam, dan daun ini hanya ditemukan di sekitar hutan-hutan wilayah Grobogan. Inilah yang membedakan dengan sayur becek lain. Kami juga mempertahankan keaslian resepnya dan tidak mengurangi bumbu rempah yang sudah diwariskan." Tutur Purwati. 


Sayur becek di warung makan Putra 45 dibandrol dengan harga Rp 25.000,00 per porsi. Buka mulai dari pagi hingga sore hari. Di sini, sayur becek disajikan dengan tambahan oseng cabai hijau, tempe kering, kacang tolu dan nasi putih hangat.


(Wahyunor solekhah).


Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sayur Becek, Perpaduan Unik Rempah dan Daging Khas Kota Purwodadi Yang Legendaris

Viral News

Iklan

iklan