Iklan

iklan

Program Sosialisasi Protokol Kesehatan oleh Mahasiswa PPL Manajemen Dakwah, IAIN Kudus di Desa Wisata Rahtawu

Klikfakta.com
Selasa, 31 Agustus 2021 | 21:54 WIB Last Updated 2021-08-31T14:54:34Z
Flashdisk Ebook Islami


KlikFakta.com, Jepara
- Pada bulan Agustus 2021 ini mahasiswa Manajemen Dakwah berkesempatan melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Sesuai dengan prodi Manajemen Dakwah, maka mahasiswa PPL berkegiatan sesuai dengan target capaian mereka di Desa Rahtawu, salah satunya yaitu dengan sosialisasi protokol kesehatan di wilayah masjid Baitul Muttaqin.


Sesuai Surat Keputusan Bupati Kudus Nomor 556/121/2020 tentang penetapan Desa Rahtawu sebagai salah satu “Desa Wisata” di Kudus, tentunya masjid desa juga ikut serta berpotensi akan ramainya pengunjung wisata. Melihat Masjid Baitul Muttaqin merupakan masjid yang paling strategis terletak di pinggir jalan utama Desa Rahtawu, maka mahasiswa PPL Manajemen Dakwah memfokuskan berbagai kegiatan di masjid tersebut.



Mahasiswa PPL ikut berkontribusi dalam mengkampanyekan protokol kesehatan dengan cara sosialisasi menjaga kesehatan di masa pandemi dengan menjalankan protokol kesehatan, membagikan masker, memberikan alat cuci tangan, dan setiap minggu melaksakan kegiatan bersih-bersih masjid. Hal tersebut sebagai upaya mahasiswa ikut serta dalam menghentikan penyebaran covid-19.




Kegiatan mahasiswa PPL Manajemen Dakwah tidak hanya sosialisasi protokol kesehatan, namun juga mengoptimalkan fungsi masjid di masa pandemi Covid-19. Pengoptimalan fungsi masjid Baitul Muttaqin di masa pandemi covid-19 antara lain yaitu sosialisasi dan menyediakan protokol kesehatan, sosialisasi meramaikan masjid baik dengan mengaktifkan kembali pengajian seperti barzanji, yasinan juga mengaji Al-Qur’an anak-anak, dan sosialisasi meramaikan masjid secara online yaitu dengan membuat konten adzan, pengajian bersama anak, serta bersih-bersih masjid.

 

 
Berbagai sosialisasi program kegiatan PPL tersebut tentunya bertujuan agar masyarakat senantiasa menjaga kesehatan dengan protokol kesehatan yang ketat dalam berbagai aktifitas, khususnya kegiatan keagamaan. Namun tidak kalah penting yaitu mengajak masyarakat untuk menyambut “new normal era”, yang memang harus terus digalakkan oleh semua pihak di bidang manapun.



Adapun berbagai kegiatan tersebut telah disetujui dan mendapat dukungan penuh oleh pihak desa yaitu Kepala Desa Rahtawu yaitu Bapak H. Rasmadi Didik Aryadi, pendamping lapangan yaitu Bapak Mulyo Feri Irawan juga selaku admin IT desa, juga dosen pendamping lapangan IAIN Kudus, Ibu Ilmi Hidayati, M.S.I. Harapannya dengan berbagai program kegiatan PPL mahasiswa Manajemen Dakwah IAIN Kudus di desa Rahtawu bisa memberikan kontribusi yang positif bagi pihak desa, juga menjadi pembelajaran bagi mahasiswa praktik di masa pandemi Covid-19 ini.



PPL Manajemen Dakwah Rahtawu IAIN Kudus

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Sosialisasi Protokol Kesehatan oleh Mahasiswa PPL Manajemen Dakwah, IAIN Kudus di Desa Wisata Rahtawu

Viral News

Iklan

iklan