Iklan

iklan

Peneliti Muda Di Jepara Raih Juara dalam Lomba Karya Tulis Yang Digelar Oleh Bidang Litbang Bappeda Jepara

Klikfakta.com
Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:16 WIB Last Updated 2021-08-26T13:16:35Z
Flashdisk Ebook Islami



KlikFakta.com, Jepara
- Sebanyak 10 kelompok peneliti muda tingkat SMP/MTs se Kabupaten Jepara berkumpul untuk berkompetisi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Bidang Litbang Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jepara. Kegiatan yang digelar pada Rabu (25/8) kemarin merupakan agenda tahunan yang ke 12.


Dua tahun terakhir ini LKTI digelar untuk siswa SMP/MTs setelah seputuh tahun sebelumnya secara berturut-turut digelar untuk siswa SMA/MA dan SMK oleh Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Jepara atas Fasilitasi kegiatan dari Bappeda.


 
Sepuluh kelompok yang berkompetisi ini adalah hasil dari penjaringan oleh penilaian Tim Juri dari sejumlah 15 Kelompok yang mendaftarkan diri. Dalam kegiatan ini, penilaian dilakukan dengan dua tahap, yaitu penilaian naskah oleh tim juri dilanjutkan dengan penilaian pemaparan atau presentasi secara langsung.


 
Para peserta cukup variatif dalam melakukan penelitian atau kajian, meliputi kajisn sosial mengenai kiat sukses belajar selama pandemi hingga penelitian eksperimental seperti menciptakan bioplastik maupun membuat pengawet makanan alami.



Tim juri yang berasal dari latar belakang akademisi maupun praktisi yang terdiri dari Ir. Suryono, M.Sc. (UNDIP), Dr. Rifqy Roosdhani, ST., MM. (UNISNU) dan Saikhunal Azhar, S.Pd. (Institut Desa Wisata) ini sangat apresiatif dalam melakukan penilaian dan menanggapi hasil penelitian para siswa. Sementara itu Kepala Bappeda dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas partisipasi dan semangat para peserta.


 
“Kami sangat mengapresiasi atas partisipasi siswa-siswi yang telah meluangkan waktunya untuk meneliti dan berinovasi. Selanjutnya semoga semangat adik-adik ini dapat terus bertahan dan ditingkatkan” ungkap Subiyanto saat memberikan sambutan.



Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan Tim Juri, didapatkan Juara pertama diraih oleh Tim dari SMP Negeri 1 Jepara dengan Judul Karya Ilmiah “Vilina (Vinegar limbah Nasi) Sebagai Bahan Pengawet Alami Untuk Makanan”
Sementara itu juara dua dan juara tiga secara berturut-turut diraih oleh Tim dari SMPUT Bumi Kartini Jepara, SMP Negeri 1 Mlonggo.


Sedangkan juara harapan diraih oleh MTs Negeri 1 Jepara, MTs Masalikil Huda Tahunan dan SMP Negeri 5 Jepara.

(Yovie)

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peneliti Muda Di Jepara Raih Juara dalam Lomba Karya Tulis Yang Digelar Oleh Bidang Litbang Bappeda Jepara

Viral News

Iklan

iklan