Iklan

iklan

Keren!! Karang Taruna Kihajar Dewantara Kudus Ubah Pelepah Pisang Jadi Camilan Enak

Klikfakta.com
Kamis, 05 Agustus 2021 | 12:07 WIB Last Updated 2021-08-05T05:08:50Z
Flashdisk Ebook Islami

Keripik Pelepah Pisang (Gedebok)

KlikFakta, Kudus
- Keripik gedebok, sesuai namanya camilan ini terbuat dari bahan baku batang pohon pisang atau yang biasa disebut dengan gedebok pisang.


Kota Kudus salah satu pihak yang memproduksi keripik tersebut. Tepatnya di Desa Undaan kidul Gang 4, RT 001/ RW 2, kecamatan Undaan, kabupaten Kudus.

kripik debok ini di buat oleh karang taruna Kihajar Dewantara, yang ingin membantu membangkitkan perekonomian pemuda  setempat.


"Kami memproduksi kripik pelepah ( gedebok) pisang, yang mana dalam produksi kami tidak sama sekali menggunakan bahan pengawet. Produksi kami hanya dilakukan oleh tenaga anggota karang taruna kami demi untuk memajukan ekonomi produktif dan pengembangan ekonomi pemuda desa Undaan kidul " ujar Dzuriya Rabu,(04/08/2021).


Proses pembuatan kripik ini memerlukan beberapa tahapan sehingga menjadi camilan yang enak.

Gedebok pisang pilihan di kupas  kemudian di potong memanjang dan di ambil bagian dalamnya. Setelah itu, gedebog yang telah di potong di rendam kurang lebih satu hari, untuk menghilangkan getah.


" Kemudian dicuci kembali dengan air bersih dan di beri tepung kering yang sudah diberi bumbu, lalu di goreng. Setelah di goreng ada juga proses pengurusan minyak, baru setelah itu di packing dan diberi bumbu rasa" katanya.


Keripik gedebok ini memiliki berbagai macam rasa yang terdiri dari original, bumbu balado pedas manis dan bumbu jagung manis.


"Kami jualnya itu perbungkus berat bersih 100g . Satu bungkusnya kami jual dengan harga 9 ribu rupiah " katanya.


Meski baru satu bulan di produksi, kripik ini bisa menghabiskan ratusan bungkus untuk di kirim ke berbagai tempat, yaitu Yogyakarta, Serang, dan Jakarta.


(Magang Mahasiswa IAIN Kudus)

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keren!! Karang Taruna Kihajar Dewantara Kudus Ubah Pelepah Pisang Jadi Camilan Enak

Viral News

Iklan

iklan