Iklan

iklan

Keluh Kesah Pedagang Kecil di Tengah Perpanjangan PPKM

Klikfakta.com
Selasa, 03 Agustus 2021 | 17:48 WIB Last Updated 2021-08-03T11:10:17Z
Flashdisk Ebook Islami


KlikFakta.com, Kudus
- Sejumlah kabupaten/kota yang berada di tujuh provinsi di Jawa dan Bali telah ditetapkan masuk kriteria daerah level 4 dalam penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM) yang diperpanjang selama 3-9 Agustus 2021. Hal ini disampaikan langsung Presiden Joko Widodo Senin (2/8/2021) secara virtual melalui postingan di media sosial.


Setelah ditetapkannya pemberlakuan PPKM di kota Kudus banyak sekali dampak yang terjadi dikalangan masyarakat kecil, terutama dikawasan wisata Religi Menara Kudus. Untuk saat ini, kawasan tersebut terlihat sepi pengunjung tetapi masih ada pedagang yang berjualan disekitar menara.


Banyak keresahan yang dirasakan bagi usaha kecil karena penurunan penghasilan yang sangat derastis. Boro boro bisa menabung buat makan saja sudah allhamdulilah. Rakyat kecil itu kuncinya ya bekerja untuk makan, sing penting kita harus sehat dan selalu bersyukur. (Kumari seorang pedagang Es Dawet).



Pak Kumari berdagang selama PPKM ini untuk menyambung hidup keluarganya. Beliau menjalani ini penuh harapan dan keyakinan kepada tuhan yang maha esa, Tidak bisa menyalahkan siapapun dengan keadaan ini, hanya perlu kesadaran diri dan rendah hati untuk saling membantu sesama. 


Adanya PPKM atau tidak, bedanya tipis. Dulu ramai pengunjung, Cuma sekarang sudah berkurang 70%. Walaupun begitu aktivitas lalu lalang warga masih rame disekitar menara. (Riski warga sekitar menara).


(Magang Mahasiswa IAIN Kudus)

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keluh Kesah Pedagang Kecil di Tengah Perpanjangan PPKM

Viral News

Iklan

iklan