Iklan

iklan

Kecamatan Jekulo Catat Masih Ada 3 Desa yang Zona Oranye

Senin, 02 Agustus 2021 | 17:28 WIB Last Updated 2021-08-02T10:28:01Z
Flashdisk Ebook Islami

Camat Jekulo, Wisnu Broto Purnawarman

KlikFakta.com, KUDUS
- Kecamatan Jekulo mencatata ada 3 desa yang saat ini berstatus oranye, dari 12 desa yang ada di Jekulo. Sedangkan sisanya sudah berada di level zona kuning, dengan persentase terbesar zona hijau. 


Camat Jekulo, Wisnu Broto Purnawarman mengatakan, saat ini di Jekulo sudah tidak ada satupun desa yang berada dalam status zona merah penyebaran virus covid-19.


"Saat ini sudah tidak ada desa yang zona merah. Oranye kemarin hanya 3 desa dari 12 desa yang ada. Lainnya kuning dan hijau. Kasus covid kita sudah turun drastis," katanya.


Lanjut Wisnu, saat ini masyarakat Jekulo sudah banyak yang patuh mengenakan masker. Tak hanya itu, ini semua tidak terlepas dari kerjasama antara pemerintah desa, pihak kecamatan, Polsek, Polres, Koramil, dan lainnya. 


"Kesadaran masyarakat untuk memakai masker sudah tertanam baik," ucapnya.


Pihaknya juga memberikan sedikit kelonggaran kepada pedagang kaki lima. Dengan catatan, PKL selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 


"Tapi kalau urusan perut, seperti angkringan kita tidak langsung menindak. Kita beri sedikit kelonggaran. Yang penting tujuannya sama baik, agar covid cepat selesai," jelas Wisnu.


Selain rutin melakukan operasi, pihaknya juga sering memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Dengan memberikan bantuan seadanya, baik dari pihak swasta maupun dari kantong pribadi.


"Kita ya mengedukasi ya sambil memberikan bantuan ala kadarnya. Baik dari swasta maupun pribadi. Tujuan sama untuk membantu masyarakat," ungkapnya.


Sementara itu, tren tidak adanya desa zona merah juga disampaikan oleh Bupati Kudus HM Hartopo. Menurutnya, desa di Kota Kretek sudah tidak ada yang berstatus zona merah. Hanya ada zona kuning, oranye, dan hijau.


"Desa dengan status zona hijau terus bertambah seiring menurunnya jumlah kasus aktif di Kabupaten Kudus. Sehingga Kudus bisa segera menuju zona kuning dan hijau" kata Hartopo.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo. Ia mencatat ada 22 desa yang dinyatakan zona hijau. Sementara 112 desa maupun kelurahan yang tersisa di wilayah Kabupaten Kudus, semuanya terbagi dalam zona kuning dan oranye.


Pihaknya pun menyampaikan kasus aktif di Kota Kretek terus mengalami penurunan, meskipun masih ada tambahan kasus aktif setiap harinya.



Ra

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kecamatan Jekulo Catat Masih Ada 3 Desa yang Zona Oranye

Viral News

Iklan

iklan