Iklan

iklan

Vaksin Moderna Untuk Dosis Ketiga Nakes, Belum Jelas Kapan Nakes Kudus Terima

Rabu, 21 Juli 2021 | 12:58 WIB Last Updated 2021-07-21T05:58:46Z
Flashdisk Ebook Islami


KlikFakta.com, KUDUS
- Vaksinasi dosis ketiga akan diberikan kepada para tenaga kesehatan atau nakes di masa lonjakan Covid-19 sekarang ini. Namun hal berbeda terjadi di Kabupaten Kudus. Pasalnya, vaksin jenis Moderna sebagai booster imun belum jelas kapan akan diterima nakes di Kota Kretek tersebut.


Diketahui, hal tersebut tersebut disebabkan, belum adanya distribusi vaksin jenis tersebut yang diterima Kota Kretek.


Kasi Surveilens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Aniq Fuad mengatakan, hingga hari ini, Senin (19/7/2021), Kabupaten Kudus belum tahu kapan akan menerima vaksin jenis Moderna. Yang dikhususkan untuk nakes, sebagai booster imun setelah disuntik vaksin dosis pertama dan kedua.


"Booster (vaksin ketiga) untuk nakes belum ada. Memang ada wacana, ada tambahan vaksin Moderna atau Pfizer. Sampai sekarang belum ada informasi kapan vaksin itu datang dan kapan disuntikan, belum ada kabar," kata Aniq.


Aniq menyebut, jumlah nakes yang akan mendapatkan vaksin ketiga, berjumlah sekitar 6.749 orang. Dengan rincian semuanya telah mendapatkan suntikan pertama, sedangkan untuk dosis kedua baru 6.719 orang.


"Mestinya semuanya harus dapat (vaksinasi tahap ketiga) booster. Misalnya nanti vaksinnya kurang, kita harus mengajukan (tambahan vaksin)," terangnya.


Sementara itu di sisi lain, beberapa waktu lalu Pemerintah Indonesia telah mendapatkan 1,5 juta vaksin jenis Moderna. Yang akan disuntikkan kepada semua nakes yang menjadi garda terdepan penanganan virus covid-19 di Indonesia.


Lewat Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia telah memulai vaksinasi dosis ketiga pada Jumat (16/7/2021) di salah satu fasilitas kesehatan di Jakarta. 


Nadia juga menjelaskan bahwa vaksin jenis ini sudah mendapatkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) dari BPOM pada Jumat (2/7/2021) lalu. Dengan begitu, vaksin jenis ini bisa dipastikan bermutu, aman, dan berkhasiat untuk para nakes sebagai booster.



Ra

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Vaksin Moderna Untuk Dosis Ketiga Nakes, Belum Jelas Kapan Nakes Kudus Terima

Viral News

Iklan

iklan