Iklan

iklan

Kamis Esok Larung Kepala Kerbau Akan Tetap Digelar di Jepara

Klikfakta.com
Selasa, 18 Mei 2021 | 16:15 WIB Last Updated 2021-05-18T09:15:18Z
Flashdisk Ebook Islami


KlikFakta.com, 
JeparaDi tengah penerapan jaga jarak fisik untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19), tradisi sedekah laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara rencananya akan tetap digelar,  Kamis (20/05/21). 


Dengan suasana yang lebih sederhana, pelarungan kepala kerbau rencana hanya diikuti 30 orang saja. Padahal, biasanya ribuan nelayan turut serta memeriahkan pekan Syawalan ini.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Leztiaza, mengatakan, acara pelarungan tersebut merupakan bagian dari tradisi Lomban atau sedekah laut yang rencananya akan diadakan pada Kamis mendatang.


"Untuk acara pelarungan kepala kerbau akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat, dengan hanya 30 di ikuti orang saja.Di hari yang sama, seluruh destinasi wisata di kabupaten Jepara akan ditutup untuk umum," ungkapnya Selasa ( 18/05/21).


Zamroni Leistiaza menambahkan, semua keperluan larungan dan sedekah laut sudah dipersiapkan.


Prosesi sedekah laut dimulai pada Rabu sore. Yakni dimulai dengan ziarah ke Makam Cik Lanang di Kelurahan Bulu. Kemudian, dilanjutkan ke Makam Mbah Ronggo di Kelurahan Ujungbatu.


“Malamnya setelah ziarah ada wayangan. Tapi durasinya hanya dua jam di TPI Ujungbatu,” ujar Zamroni.


Pada puncak acara, lanjut Zamroni, tanggal 20 Mei pagi akan dilaksanakan larungan sesaji berupa kepala kerbau ke laut. Pihaknya telah menentukan jumlah peserta yang ikut melarung sebanyak 30 orang (ADV).

Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kamis Esok Larung Kepala Kerbau Akan Tetap Digelar di Jepara

Viral News

Iklan

iklan