Iklan

iklan

Dinas Pertanian dan Pangan Luncurkan Sikepangdua untuk Awasi Stok Komoditas Pokok di Kudus

Kamis, 06 Mei 2021 | 20:49 WIB Last Updated 2021-05-06T13:49:05Z
Flashdisk Ebook Islami

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Catur Sulistiyanto bersama Kepala Bidang Ketahana Pangan DPP, Ari Mulyani Mustikaningtyas (foto : klikfakta.com)

KlikFakta.com
, KUDUS - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus meluncurkan aplikasi Sikepangdua (Sistem Informasi Ketahanan Pangan Data Satu untuk Semua). Aplikasi ini diluncurkan guna mengawasi sebelas stok komoditas poko di Kota Kretek tersebut.


Sebelas komoditas pokok tersebut yaitu, telur ayam, beras, minyak, cabai merah, jagung, bawang merah, bawang putih, daging ayam, dan gula pasir.


Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Catur Sulistiyanto mengatakan, pelucuran ini untuk mengawasi data yang ada di Kudus, meliputi jumlah ketersediaan stok hingga harga terkini komoditas tersebut.

Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Luncurkan Selepangdua (foto : klikfakta.com)


"Ini sebenarnya memang masuk ke arah Dinas Perdagangan, namun kami juga berpeean dalam hal ini," jelas Catur usai peluncuran, Rabu (5/5/2021).


Catur menjelaskan, dengan adanya sisten tersebut, ia berharap data pangan yang ada di Kabupaten Kudus bisa dapat tertata dan lebih teratur. Jadi, ketika ada yang membutuhkan data yang valid, maka pihak dinas bisa menyediakan.


Sementara itu, Kepala Bidang Ketahana Pangan DPP, Ari Mulyani Mustikaningtyas menjelaskan, data yang masuk berasal dari berbagai sumber. Mulai dari Dinas Perdaganga, bidang-bidang di Dinas Pertanian dan Pangan, hingga dari para produsen di lapangan.


Lebih lanjut, data tersebut kemudian diolah dan disatukan. Nantinya, data akan diperbaharui sekali dalam sepekan.


"Sehingga bisa terus update dari waktu ke waktu," katanya.


Kedepannya, lanjut Ari, pihaknya akan terus mengembangkan aplikasi sistem informasi tersebut. "Kedepannta secara perlahan jumlah komoditas yang tercover di aplikasi tersebut bisa bertambah lagi," ungkapnya.


RA
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Pertanian dan Pangan Luncurkan Sikepangdua untuk Awasi Stok Komoditas Pokok di Kudus

Viral News

Iklan

iklan