Prambatan Lor Kudus, Usung Pro Smile untuk Maksimalkan Pelayanan di Masa Pandemi -->
Cari Berita

Hari Jadi Jepara

Hari Jadi Jepara

Prambatan Lor Kudus, Usung Pro Smile untuk Maksimalkan Pelayanan di Masa Pandemi

Rabu, 07 April 2021

Kepala Desa Prambatan Lor Teguh Budi Handoyo memperlihatkan Pro Smile (foto : istimewa)


KlikFakta.com, KUDUS
- Pemerintah Desa (Pemdes) Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Jawa Tengah, mengusung pelayanan online yang dinamai Pro Smile guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan berbasis aplikasi ini juga dikenalkan dalam rangka sebagai program unggulan dalam ajang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kudus Tahun 2021.


Kepala Desa Prambatan Lor Teguh Budi Handoyo menyampaikan, aplikasi Pro Smile ini merupakan hasil karya dari warga desanya sendiri. Melihat kondisi pandemi yang memaksa masyarakat untuk tidak berkerumun. Oleh sebab itu, agar mencegah kepadatan pelayanan di balai desa, pihaknya dengan usulan dari warga menciptakan pelayanan online berbasis aplikasi ini.



"Kita menggunakan aplikasi Pro Smile bisa memudahkan masyarakat dan efesiensi mengurangi kepadatan di desa dalam hal surat menyurat ataupun pelayanan lainnya," ujarnya saat ditemui diruangannya, Selasa (6/04) kemarin.



Untuk bisa mengakses layanan online ini cukup mudah. Warga cukup mengunduh aplikasi Pro Smile di playstore. Kemudian, pilih layanan apa yang diinginkan pada ikon-ikon yang ada di dinding aplikasi tersebut.



"Semisal mau membuat surat ijin atau semacamnya, maka pilih ikon pelayanan online. Kemudian warga tinggal mendaftar dan mengisi formulir, setelah mengisi nanti ke balai desa tinggal mengambil suratnya," terangnya.



Selain menyediakan pelayanan online, warga juga bisa mengetahui segala informasi tentang desa di dalam aplikasi tersebut. Adapun beberapa ikon yang bisa ditemukan dalam aplikasi Pro Smile, antara lain Profil Desa, Informasi Desa, Galeri, UMKM, Kegiatan Masyarakat, Laporan Kades, PPKM Mikro, Pelayanan Online, Bank Sampah, PKK, Demografi, dan Pelatihan-Pelatihan.



Bahkan, apabila warga merasa tidak puas dengan pelayanan desa maupun memiliki keluhan apapun di masyarakat juga bisa diadukan lewat Pro Smile tanpa harus datang ke Balai Desa.



"Warga juga bisa melakukan pengaduan atas ketidakpuasan yang dirasakan terkait desa. Jadi, aplikasi Pro Smile ini juga bisa jadi wadah bagi masyarakat dan desa, sekaligus bahan evaluasi," imbuhnya.



Menurutnya, melalui aplikasi Pro Smile ini efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi yang sudah bisa dioperasikan sejak Maret ini diharapkan bisa menjadi jalan untuk mempermudah berbagai aktivitas yang berkaitan dengan masyarakat dan desa.



Diharapkan pula bisa mengantarkan Desa Prambatan Lor sebagai juara dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kudus, yang sudah disambangi oleh tim penilai lomba pada Kamis (1/04) kemarin.



"Harapan saya, memang intinya tidak menang harus dan wajib menang, syukur kalau bisa menang. Insyaallah tahun ke belakang kalau diberi kesempatan untuk ikut lagi, akan lebih kita pacu persiapannya. Lebih bagus lagi kalau bisa jadi perwakilan provinsi," pungkasnya.



RA

Flashdisk Ribuan Kitab PDF