Iklan

iklan

Dapat 3000 Bibit Durian, Hartopo : Bisa Jadi Kualitas Ekspor Kedepannya

Selasa, 30 Maret 2021 | 15:21 WIB Last Updated 2021-03-31T00:56:22Z
Flashdisk Ebook Islami
Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyerahkan batuan bibit buah durian kepada Kepala Desa Piji (foto:klikfakta.com)


KlikFakta.com, KUDUS - Pelaksana Tugas(Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menyerahkan bantuan 3.000 bibit durian kepada tiga Desa di Kecamatan Dawe, Selasa (30/3/2021) pagi. Tiga desa tersebut yakni, Desa Piji, Desa Lau, dan Desa Puyoh.

Penyerahan bibit durian varietas "Kromo Banyumas" ini juga didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, serta Camat Dawe. Sekaligus melakukan penanaman secara simbolis bibit buah durian tersebut di kawasan lereng Muria desa Piji.

Menurut Hartopo, bibit durian ini mempunyai kelebihan dari durian lokal yang lain, oleh karena itu pihaknya berharap jika varietas durian ini akan menjadi ikon baru di kabupaten Kudus.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo menanam bibit pohon durian unggulan dengan didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Catur Sulistiyanto (mengenakan batik) (foto:klikfakta.com)

" Buah duarian ini memang lain dari pada yang lain. Ini nanti di buktikan, ditanam sekarang 4-5 tahun akan berbuah," jelas dia.


Tak hanya itu, lanjut Hartopo, bibit durian ini bisa berbuah lebih banyak dengan bobot perbiji 4-5 kg. Dengan biji yang lebih kecil dan rasa lebih manis.


"Untuk kapasitas buahnya lebih banyak, bisa sampai satu pohon itu 100-190 buah," tambahnya.


Hartopo juga mendorong Gapoktan setempat untuk semangat dalam mengembangkan dan merawat bibit pohon durian. Sehingga, ke depannya, bibit durian ini bisa membantu perekonomian masyarakat Kudus, tentunya di Kecamatan Dawe.


"Mudah-mudahan ini bisa menjadikan rejeki yang barokah untuk masyarakat Dawe dan dicintai masyarakat dunia tentunya. Harapan kami bisa menjadi kualitas ekspor kedepannya," harapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Catur Sulistyanto, menambahkan, bibit durian ini diberikan oleh Kementerian Pusat, tentunya dengan melihat potensi yang bisa menjadi nilai lebih di lokasi Lereng Gunung Muria Kudus.


"Selama ini di Lereng Gunung Muria kita sudah punya potensi kopi, semoga, bibit durian ini juga bisa menjadi potensi yang memiliki nilai lebih hingga bisa menembus pasar ekspor," ujarnya.


Untuk diketahui, ada seluas 30 hektar hamparan yang bakal ditanami bibit durian, yang tersebar di tiga wilayah desa. Dimana, masing-masing desa mendapatkan sejumlah 1000 bibit durian.


"Masing-masing wilayah desa ada 10 hektar hamparan yang akan kita tanami bibit durian, harapannya bisa menjadi varian baru yang tidak kalah dengan durian-durian lokal yang sudah kita miliki di wilayah Kecamatan Dawe," pungkasnya. 



RA
Download Ngaji Gus Baha
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dapat 3000 Bibit Durian, Hartopo : Bisa Jadi Kualitas Ekspor Kedepannya

Viral News

Iklan

iklan