Polres Kudus Berhasil Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi -->
Cari Berita

Hari Jadi Jepara

Hari Jadi Jepara

Polres Kudus Berhasil Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

Ali Akbar
Rabu, 23 Desember 2020

Caption : Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma (tengah) menerima penghargaan, Kanan Kasat Lantas Polres Kudus dan Kabagren Polres Kudus sebelah kiri (KF-Si).

Klikfakta.com, Kudus
- Polres Kudus sukses meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).


Sebelumnya tanggal 8 Desember 2020 Polres Kudus diganjar penghargaan sebagai Satker Terbaik Pelaksanaan Anggaran Triwulan III Tahun 2020 kategori Pagu Anggaran di atas 20 Milyar.


"Alhamdulillah hari ini kami mendapat penghargaan sebagai wilayah bebas dari korupsi atau WBK," ucap Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, Senin (21/12/2020).


Penghargaan ini, kata AKBP Aditya, diraih pada ajang penganugerahan zona integritas menuju WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB. Penghargaan itu diberikan hari ini Zoom Meeting di ruang Vicon Polres Kudus, Senin (21/12).


"Perolehan predikat WBK tahun 2020 ini berkat kerja keras seluruh personel Polres Kudus, dan kami akan terus berupaya berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ungkap AKBP Aditya Surya Dharma.


Dalam sambutannya, Menpan RB Tjahyo Kumolo mengatakan pemberian penghargaan sendiri diberikan secara Online kepada pimpinan kementerian/lembaga/pemda yang berhasil membangun zona integritas secara massive sehingga mendapatkan predikat WBK dan WBBM dan masih tetap dilaksnakan monitoring dan evaluasi.

Sementara itu Wakapolres Kudus Kompol Eko Rubiyanto mengatakan dalam penetapan predikat WBK/WBBM ini telah melalui penilaian ketat oleh Tim Penilai Internal (TPI) dan dilanjutkan dengan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional, penetapan predikat unit kerja pelayanan WBK/WBBM serta penyerahan penghargaan WBK/WBBM kepada unit kerja pelayanan tersebut.


"Selain menyampaikan diatas, MenpanRB RI juga mengatakan, bahwa Pembangunan Zona Integritas merupakan miniatur pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Indonesia. Sehingga mampu mengembangkan budaya birokasi yang bersih, melayani. Serta untuk membangun percontohan pada unit kerja yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien, bebas dari korupsi dan bersih serta melayani," kata Kompol Eko.


Wakapolres Kudus menambahkan, Bapak Menpan RB mengatakan bahwa untuk mempercepat pencapaian sasaran hasil tersebut, Zona Integritas dibangun sebagai simbol komitmen pelaksanaan reformasi birokrasi di tiap unit kerja. Setiap unit kerja yang berhasil membangun ZI akan menjadi role model bagi unit kerja lainnya untuk menuju WBK/WBBM.

Pada ajang pemberian penghargaan tersebut, dari Polda Jawa Tengah terdapat 6 Polres yang memperoleh predikat sebagai WBK tahun 2020 yaitu Polres Kudus, Polres Magelang Kota, Polres Purworejo, Polres Boyolali, Polres tegal Kota dan Polres Wonogiri.


Reporter : S Rahayu.

Editor : Ali Akbar.

Flashdisk Ribuan Kitab PDF