Manfaatkan Aplikasi "Si Akal", Guru SDN 5 Karangbener Sabet Juara Satu -->
Cari Berita

Hari Jadi Jepara

Hari Jadi Jepara

Manfaatkan Aplikasi "Si Akal", Guru SDN 5 Karangbener Sabet Juara Satu

Ali Akbar
Senin, 28 Desember 2020

Caption : Agus Andrianto menerima penghargaan dalam ajang lomba yang digelar oleh Disdikpora Kabupaten Kudus (KF.SR).

Klikfakta.com, KUDUS -
Salah satu guru di SDN 5 Karangbener,Kecamatan Bae, Kudus, Jawa Tengah, Agus Andrianto berhasil menyabet juara satu sebagai Guru Berdedikasi Pada Masa Pandemi Covid-19.


Guru kelas 5 di SDN 5 Karangbener ini terpilih sebagai satu dari 11 peserta lain di Kabupaten Kudus, dalam ajang lomba yang digelar oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, belum lama ini.


Agus Andrianto, guru kelas 5 di SDN 5 Karangbener yang sekaligus peraih gelar juara utama ini, mengaku bangga dengan torehan prestasi yang raihnya. Berhasil mengalahkan 11 peserta lain se-Kabupaten Kudus, pihaknya mengusung hasil karyanya dengan judul "Pemanfaatan Si Akal Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19".


"Alhamdulillah, saya sebagai guru di SDN 5 Karangbener sangat bangga bisa meraih prestasi ini, sebagai juara 1 di lomba Guru Berdedikasi Pada Masa Pandemi Covid-19," ujarnya.


Pihaknya menjelaskan, hasil karya yang berhasil mengantarkannya menjadi gelar juara berisi tetang bagaimana mengembangkan sistem pembelajaran daring yang menyenangkan. Yakni, dengan memanfaatkan Si Akal atau Situs, Aplikasi, dan Kearifan Lokal.


Untuk mengakses situs dan aplikasi yang tersebut, lanjutnya, peserta didik dapat memanfaatkan kuota belajar Kemdikbud sehingga tidak mengeluarkan biaya kuota yang selama ini menjadi beban peserta didik. Begitu pula dengan pemanfaatan kearifan lokal, pihaknya memanfaatkan potensi daerah tempat tinggal peserta didik, untuk belajar secara kontekstual dan merangsang berpikir kreatif sesuai materi pembelajaran yang diajarkan.


"Pembelajaran SI-AKAL dapat berupa video pembelajaran melalui WhatsApp group, channel youtube, evaluasi diri dengan Quizizz dan Google meet sesuai kebutuhan guru," jelasnya.


Adapun, kegiatan yang digelar di Aula Disdikpora Jalan Mejobo, Mlati Kidul, Kudus, dikatakannya dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke -75 th 2020. Digelar sejak Rabu, 18 November 2020, lomba ini diikutinya melalui proses pengumpulan berkas protofolio hingga presentasi portofolio.


Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan bermanfaat di masa pandemi ini. Terlebih, Disdikpora Kudus yang telah memberi ruang bagi para guru untuk berekspresi. Serta turut memberikan apresiasi pula untuk pengorbanan guru yang telah berjuang keras memberikan pembelajaran semenarik mungkin di tengah terbatasnya ruang dan waktu.


"Saya sangat mengapresiasi sekali kepada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten kudus. Yang mana lewat kegiatan ini guru guru menjadi terapresiasi atas pengorbanan guru yang telah membuat pembelajaran semenarik mungkin pada pembelajaran masa pandemi covid-19. Dan juga semua kegiatan yang bersifat arahan dan petunjuk dari dinas dalam menyusun pembelajaran di masa pandemi," pungkasnya.


Reporter : S Rahayu.

Flashdisk Ribuan Kitab PDF