Pemilihan Ketua RT Rasa "Pilpres" Ala Warga Dukuh Njambon Desa Bulungan -->
Cari Berita

Pemilihan Ketua RT Rasa "Pilpres" Ala Warga Dukuh Njambon Desa Bulungan

Klikfakta.com
Minggu, 01 November 2020

Warga saat coblos kertas suara yang berisi foto salah satu calon ketua RT (KF. Istimewa).

Klikfakta.com, JEPARA –
Warga Dukuh Njambon RT.01 RW.01, Desa Bulungan, Kecamatan Pakis Aji laksanakan pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) Dengan Cara yang berbeda. Biasanya jika pemilihan ketua RT dilakukan dengan cara Aklamasi atau ditunjuk, kali ini warga menggelar pemilihan Ketua RT selayaknya pemilihan umum presiden atau legislatif. Jumat malam (30/10/2020). 


Masing – masing warga yang datang kelokasi pemungutan suara nantinya akan diberikan kertas suara yang berisikan nama, nomor dan foto para calon Ketua RT. Kemudian, oleh Warga kertas Suara itu di dibawa ke bilik suara untuk mencoblos calon ketua RT Yang dipilihnya.


Ma’ruf salah satu warga menjelaskan, pemilihan ketua RT yang dilakukan secara langsung itu baru kali ini dilakukan. Hal itu dikatakan sebagai sebuah bentuk  Demokrasi . “Di era keterbukaan informasi serta demokrasi ini pemilihan Ketua RT seharusnya bisa dilakukan secara LUBER yaitu Langsung, Bebas dan Rahasia.” Ujarnya.


Menurutnya, pemilihan ketua  RT yang dilakukan secara langsung. tJustru dapat menambah antusias warga untuk ikut andil dalam prosesi pemilihan atau Sekedar datang dan memberikan suaranya kepada salah satu dari  7 Calon Ketua RT.


“Calon Ketua RT  berjumlah 7 orang yang masing - masing di calonkan oleh masyarakat Dukuh Njambon, warga sangat antusias” jelasnya.


Meski hanya pemilihan ketua RT, namun Uniknya konsep serta tata caranya dibuat  mirip seperti Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA). Dan acara berlangsung meriah, khidmat sampai selesai.


Flashdisk Ribuan Kitab PDF