Warga Desa Jatimulyo Rasakan Manfaat Setelah Terpilih Jadi Kampung KB CEO -->
Cari Berita

Warga Desa Jatimulyo Rasakan Manfaat Setelah Terpilih Jadi Kampung KB CEO

Klikfakta.com
Selasa, 06 Oktober 2020


Klikfakta.com, DEMAK
 - Berkat pencanangan menjadi Kampung KB CEO pada 30 Oktober 2018 Desa Jatimulyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah, masyarakatnya merasakan aneka manfaat secara langsung. Sinergitas yang terbangun antara lintas sektor yakni Pengurus Kampung KB CEO, Pemdes ,BUMDES Mulya Berkarya dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Demak, menghasilkan desa yang berkualitas.


Sejumlah manfaat yang dirasakan masyarakat Kampung KB CEO desa Jatimulyo antara lain, bisa membuat atau memproduksi pupuk organik dari enceng gondok yang di kelola oleh unit BUMDES MULYA BERKARYA SEJAHTERA , juga kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam jamu ontel unit kelompok UPPKS Al Barokah yang anggotanya adalah masyarakat desa setempat dan menghasilkan jamu tradisional yang alami dan higenis, itu semua berkat penyuluhan dan wejangan pengurus kampung KB CEO.  


Kehidupan masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. “Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan” kata Sukarjo Kabid Dalduk Dinpermades P2 KB Kab. Demak selaku narasumber dalam acara Orientasi Temu Pengurus dan Kader Kampung KB CEO di Desa Jatimulyo. “Selalu meningkatkan performan Kampung KB, agar nantinya data-data dari Kampung KB akan dibuat referensi dalam pendataan desa”, imbuh Sukarjo.


Dalam “Kampung KB CEO di desa Jatimulyo ini lingkupnya adalah wilayah sedesa jadi tidak satu Kampung saja” kata Muhamad Syifaun Naja Ketua Pengurus Kampung KB CEO Desa Jatimulyo.


“Kampung KB CEO Desa Jatimulyo adalah satu-satunya desa yang ditunjuk oleh BKKBN Kabupaten Demak dalam wilayah se Kabupaten Demak”, kata Sumarwanto PLKB Dinpermades P2 KB Kab.Demak.


Drs.Adi Susanto, MH, Kasi Pengendalian Penduduk Dan Informasi Keluarga Dinpermades P2KB Kab.Demak, dalam sambutanya mengatakan “Sasaran kegiatan yang merupakan subyek dan obyek dalam pelaksanaan kegiatan operasional pada Kampung KB selain keluarga. PUS, lansia, dan remaja juga keluarga yang memiliki balita, keluarga yang memiliki remaja dan keluarga yang memiliki lansia. “Sedangkan sasaran sektoral disesuaikan dengan bidang tugas masing-masing yang pelaksananya adalah Kepala Desa/Lurah, Ketua RW, Ketua RT, PKB, Petugas lapangan sektor terkait, TP PKK, kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dalam hal ini PPKBD dan Sub PPKBD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda serta kader pembangunan lainnya”, tambahnya. 


 (Agil Sanusi)


Flashdisk Ribuan Kitab PDF