Perumda Aneka Usaha Jepara Terima Penghargaan Jawa Pos Radar Kudus Award -->
Cari Berita

Perumda Aneka Usaha Jepara Terima Penghargaan Jawa Pos Radar Kudus Award

Klikfakta.com
Selasa, 27 Oktober 2020

Andi Rokhmat saat terima piagam penghargaan Radar Kudus Award Kategori BUMD Pengembang Produk Lokal (KF-Ali). 

Klikfakta.com, JEPARA
– Perusahaan Umum Aneka Usaha Kabupaten Jepara mendapat Penganugerahan Radar Kudus Award. Penganugerahan penghargaan dengan Kategori BUMD Pengembang Produk Lokal (Kopi dan Air Mineral) itu diberikan langsung oleh  Baihaqi Direktur Radar Kudus kepada Direksi Perumda diruang rapat Perumda Aneka Usaha Selasa (27/10/2020).


Baihaqi menjelaskan, Penghargaan  ini merupakan kali pertama diberikan kepada Perumda Aneka Usaha Jepara. Hal itu tak lepas dari kinerja baik perusahaan plat merah ini. Setelah mampu bangkit dari krisis yang dialami ditengah masa sulit (Pandemi) ini dengan produk – produk inovatif dan kreatifnya.


Kondisi keuangan Perumda  Jepara sejak Tahun 2019 lalu sempat mengalami performa memburuk. Di bawah komando Andi Rokhmat yang saat itu menjadi Pelaksana tugas Direktur utama mencanangkan action plan perusahaan. Salah satunya mulai mengembangkan produk lokal daerah. Yakni kopi Jepara dan olahan air dalam kemasan.


“Perumda Aneka Usaha mampu melahirkan inovasi – inovasi ditengah kondisi yang sulit, Ditengah keterbatasan modal dan ruang gerak. Perumda tetap bisa menjalankan unit – unit usaha yang dimiliki dengan baik” ujarnya.


Rojoku menjadi brand produk kopi dan olahan air kemasan itu. Sejak kemunculan Rojoku awal tahun ini  menjadi ikon baru Perumda Jepara. Sudah bisa dijumpai di kios dan mini market yang tersebar di wilayah Kota Ukir. Kondisi perusahaan pun berangsur membaik. Di sisi lain petani kopi lokal juga terberdayakan. Tingkat penjualan kopi mencapai 146 jt . Air mineral 200 juta lebih hingga September.

 

“Kepedean ini tidak dimiliki banyak orang dan Perumda Aneka Usaha memiliki kepedeaan yang luar biasa, dengan mengeluarkan produk Kopi dan Air Mineral dengan brand  Rojoku. Yang saat ini sudah menembus pasar toko modern dan air produk air mineralnya menjadi suguhan minuman pemerintahan Kabupaten Jepara”  jelasnya.


Nur Kholis Direktur utama Perumda Aneka usaha mugucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan dengan pemberian penghargaan Radar Kudus Award kepada Perumda aneka usaha . diharapkan pemberian penghargaan ini juga bisa menjadi ajang promosi untuk pengembangan  produk – produk yang dimiliki Perumda Aneka Usaha.


“Pemberian penghargaan ini merupakan cambuk awal kepada kami untuk selalu membakar semangat kita semua suapaya dapat lebih mengembangkan perusahaan yang kita miliki bersama’ ujar Nur Kholis.


Sementara itu Direktur Umum Perumda Aneka Usaha Andi Rokhmat yang biasa disapa Andi Andong. Mengatakan, keberhasilan yang diraih  merupakan hasil dari kerja keras jajaran pegawai Perumda Aneka Usaha  selama ini. “ Perumda Aneka usaha memang pernah mengalami kemunduran. Saat Itu ada krisis yang memaksa kami untuk melakukan efisiensi di berbagai sektor usaha, sehingga kita mengajak seluruh pegawai untuk bekerja lebih keras , supaya kita selamat dari krisis yang kita alami dan mampu berkembang lebih” jelasnya Andi Andong.


Menurutnya, langkah yang ia ambil saat itu merupakan sebuah keharusan, ia bahkan mengabaikan semua kepentingan diluar Perumda Aneka Usaha, hal itu ia lakukan agar Perumda dapat kembali berkembang ditengah kekurangan yang ada. 


“Apa yang kita lakukan saat itu hanya agar Perumda dapat kembali berkembang” tandasnya.


Reporter : Ali Akbar.

Editor : Wahyu K.Z.


Flashdisk Ribuan Kitab PDF