Terapkan seTara Daring, PKBM Sejati Sudah Terbiasa Pembelajaran Online -->
Cari Berita

Terapkan seTara Daring, PKBM Sejati Sudah Terbiasa Pembelajaran Online

Klikfakta.com
Jumat, 25 September 2020


    Klikfakta.com, KUDUS - Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi tidak terlalu berpengaruh dengan proses belajar mengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejati Kudus.
    Pasalnya, PKBM Sejati Kudus sejak 2019 sudah menerapkan sistem seTara Daring yang diluncurkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Kepala PKBM Sejati Kudus, Anna Rita mengatakan setelah mendapatkan akreditasi B BAN PAUD PNF pada tahun 2018, pihaknya langsung mendaftarkan sistem seTara Daring dan pada 2019 pembelajaran untuk Paket C sudah menggunakan sistem online.
    Sebelum menggunakan sistem seTara Daring peserta didik harus mendatangi tempat pendidikan tiga kali dalam seminggu sesuai dengan modul pelajaran yang diberikan. Namun, kebanyakan siswa yang memiliki pekerjaan terbentur dengan jam kerja.
    “Meski 75 persen peserta didik kami seusia dengan anak sekolah formal, tapi kebanyakan sudah bekerja. Sehingga banyak yang menghendaki KBM malam hari seusai mereka pulang kerja. Alhamdulillah dengan sistem seTara Daring mereka bisa belajar kapan saja dan di mana saja,” katanya, Kamis (24/9/2020).
    seTara Daring yang berbasis website tersebut, dapat dengan mudah diakses oleh peserta didik melalui android yang terkoneksi dengan internet. Fitur fitur yang ada di dalam seTARA daring diantaranya, penggunaan sistem modular, konten multimedia, sumber belajar, kuis, laporan nilai dan forum diskusi.
    “Adanya pandemi tidak ada pengaruhnya dalam pengajaran di PKBM Sejati Kudus dengan menggunakan sistem seTara Daring. Bahkan di masa pandemi kami juga mendapat peringkat 10 besar untuk setara daring se-Indonesia dan saya diminta menjadi narasumber pada kesempatan tersebut oleh direktorat pusat pada bulan April,” jelasnya.
    Lembaga yang memiliki jumlah peserta didik aktif sebanyak 415 siswa saat ini akan menerapkan ke semua kejar paket yang ada. Namun yang lebih dulu menjalankan seTara Daring di PKBM Sejati untuk yang Kejar Paket C pada tahun 2019 lalu.
    “Namun sekarang bisa semua bisa tinggal klik seTara daring yang Paket A, B, ataupun C. Kalau melihat kondisi sekarang ini sistem seTara Daring sangat bermanfaat baik bagi para siswa dan juga pengajarnya. Bahkan kita dimudahkan dengan banyaknya fitur yang sudah disediakan,” paparnya.
    Melalui seTara Daring, imbuhnya, dari pusat bisa tahu mana tutor yang aktif dan tidak. Begitu juga operator di PKBM bisa tahu mana siswa yang tidak pernah membaca atau aktif belajar di seTara Daring pada setiap harinya.
    “Syarat anak bisa lulus melalui seTara Daring ini anak setidaknya harus mengikuti lima modul. Setelah itu anak bisa mengikuti ujian. Jadi selama pandemi ini kita selalu mengingatkan dan memotivasi untuk tetap belajar setiap pulang kerja atau ketika waktu luang,” pungkas peraih Juara 1 Tutor Berprestasi Paket C tingkat kabupaten tahun 2016 itu.
    Selain sukses menggelar sistem seTara Daring, PKBM Sejati juga memiliki banyak prestasi. Pada tahun 2016 pernah meraih juara umum Lomba Apresiasi PTK Dikmas tingkat kabupaten yang diselenggarakan Disdikpora Kudus.
    Meliputi, Juara 2 Pengelola PKBM, Juara 1 Pengelola TBM, dan Juara 1 Tutor Berprestasi Paket C. Dan terakhir di tahun 2019 sebelum terjadinya pandemi PKBM Sejati juga meraih Juara 2 Keaksaraan Tingkat Kabupaten Kudus. (*)

Flashdisk Ribuan Kitab PDF