For Jepara, Kumpulkan Donasi Puluhan Juta Bantu Tangani Dampak Covid-19 -->
Cari Berita

For Jepara, Kumpulkan Donasi Puluhan Juta Bantu Tangani Dampak Covid-19

Klikfakta.com
Minggu, 17 Mei 2020



KlikFakta.com, JEPARA - Munculnya virus korona membuat kepedulian antar sesama semakin menguat. Hal ini lantaran dampak yang ditimbulkan oleh virus yang pertama kali muncul di Tiongkok ini meluluhlantahkan sendi-sendi kehidupan. Di Kabupaten Jepara, selain Pemerintah Kabupaten Jepara sebagai garda terdepan dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini, kalangan swasta dan komunitas relawan banyak bermunculan ikut serta membantu mengatasi dampak virus ini. Salah satunya yakni komunitas sosial For Jepara.

Komunitas ini bermula dari gerakan 
#JeparaLawanCorona yang diinisiasi oleh dr. Inggrid Camelia beserta ketiga temannya, masing-masing Kemal, Ismi, dan Lifta.  Geeakan ini akhirnya berkembang menjadi sebuah komunitas peduli sosial dengan nama For Jepara. 

Ismi Ariniawati, salah satu relawan #JeparaLawanCorona yang kini menjadi pengurus For Jepara mengatakan jika gerakan #JeparaLawanCorona  awalnya hanya dibentuk untuk tujuan membantu penanganan Covid-19. Tetapi kemudian menjadi titik balik mereka mendirikan komunitas peduli sosial yang berkelanjutan di masa yang akan datang guna membantu warga yang membutuhkan.

"Kami rasa komunitas peduli sosial seperti ini harus dikuatkan, untuk itulah kami membentuk For Jepara dengan berkolaborasi dengan sejumlah pegiat sosial lain  di Jepara," ujarnya.

"For Jepara sendiri adalah komunitas non profit yang melakukan crowdfunding dengan tujuan untuk penggalangan donasi sosial sebagai kepedulian kami kepada masyarakat Jepara saat ini terhadap dampak dari adanya pandemi corona. Dimasa yang akan datang kami akan perluas sasaran di bidang kesehatan dan pendidikan," imbuh Ismi.

Ismi menambahkan, donasi yang dikumpulkan For Jepara dalam gerakan #JeparaLawanCorona hingga Mei ini terkumpul lebih dari Rp.65 juta dan akan disalurkan dalam bentuk bantuan untuk tim medis dan masyarakat yang membutuhkan. 

Setidaknya terdapat 650 paket sembako dan APD (Alat Pelindung Diri) yang akan dibagikan. Sejak awal April, Ismi mengaku pihaknya menyalurkan bantuan APD ke 5 rumah sakit dan 20 Puskesmas di Kabupaten Jepara. 

"Ada 5 rumah sakit dan 20 puskesmas yang sudah kami bantu APD dan kami distribusikan langsung. Hingga 17 Mei ini, total 450 paket sembako telah disalurkan. Hari ini 200 paket kembali akan disalurkan. Paket disalurkan secara langsung kepada guru PAUD, guru honorer TPQ, janda miskin, teman-teman disabilitas, dan yatim piatu," kata Ismi.

 "Selain itu bantuan juga menyasar warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari hari karena hilangnya pekerjaan akibat pandemi ini. Dalam penyaluran paket sembako ini kami bekerja sama dengan komunitas komunitas sosial dan relawan lainnya," jelasnya.



Sementara itu, Djati Utomo, Ketua Komunitas For Jepara menambahkan, saat ini komunitas yang dinahkodainya memang fokus untuk menanggulangi dampak pandemi korona. Akan tetapi, di masa mendatang, pihaknya akan terus bergerak membantu masyarakat  yang membutuhkan.

"Pasca korona, kami akan terus menggalang donasi dan menyalurkan bantuan, lantaran masih banyak warga Jepara yang membutuhkan. Rencananya tak hanya bantuan sembako, tetapi jika memang donasi yang masuk ke kami banyak, kami akan membantu untuk kebutuhan masyarakat dari segi kesehatan dan pendidikan," pria asli Karimunjawa ini.

Djati menambahkan, For Jepara akan turut membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial yang ada, sesuai kemampuan yang dimiliki. 

"Harapannya For Jepara akan menjadi komunitas yang membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan menjadi partner dalam bidang kesehatan dan pendidikan warga masyarakat di kabupaten Jepara.Kita selalu punya opsi untuk menjadi cahaya daripada mengutuki kegelapan," tandasnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Jambrong ini menyampaikan  terima kasih kepada para donatur yang telah menyisihkan rejekinya untuk di donasikan kepada For Jepara. "Tak lupa juga terima kasih untuk para social influencer Jepara yang sangat kontributif dan antusias membantu menyebarluaskan gerakan sosial ini. Semoga semuanya bermanfaat dan membantu warga yang membutuhkan," imbuh Jambrong.

Jambrong menambahkan kepada siapa saja yang ingin berdonasi bisa mengunjungi website For Jepara di www.forjepara.com .  "Semua kegiatan kami dilaporkan secara transparan di portal tersebut, dan bantuan yang kami terima kami laporkan di portal yang sudah kami buat," tandas Jambrong. (KF-ZQ).

Penulis : Zacky Alvian
Editor    : Ahmad Zaenal Mustofa

Flashdisk Ribuan Kitab PDF