Beberapa Perusahaan PMA Didapati Tak Terapkan SOP Pencegahan Virus Korona
Cari Berita

Beberapa Perusahaan PMA Didapati Tak Terapkan SOP Pencegahan Virus Korona

Klikfakta.com
Senin, 16 Maret 2020

Klikfakta.com, JEPARA – Sejumlah perusahaan modal asing (PMA) yang ada di Kabupaten Jepara didapati tidak menerapkan prosedur standar pencegahan penularan virus korona (covid-19). Prosedur standard tersebut yakni penggunaan thermal scanner untuk mengecek suhu badan karyawan dan hand sanitizer. Hal ini didapati saat Pelaksana Tugas Bupati Jepara Dian Kristiandi melakukan monitoring ke sejumlah perusahaan manufaktur yang ada di Kabupaten Jepara, Senin (16/3/2020).

Perusahaan yang dikunjungi yakni PT. Kanindo Makmur Jaya 2 yang ada di Desa Pulodarat Kecamatan Pecangaan dan PT. Hwa Seung Indonesia (HWI) di Desa Banyuputih Kecamatan Kalinyamatan. Saat di PT. Kanindo 2, prosedur standard sudah dilakukan kepada sekitar 2 ribu karyawan dengan melakukan pemeriksaan thermal scanner. Hanya saja, untuk sarana cuci tangan masih perlu untuk ditambah lagi.

Sedangkan di PT. HWI, menejemen PMA tersebut belum menerapkan prosedur standard itu. Meskipun memiliki thermal scanner, alat tersebut belum efektif digunakan. Andi secara acak juga menanyakan kepada karyawan perihal pengecekan suhu tubuh. Hasilnya memang belum dijalankan oleh perusahaan.

“Ini harus benar-benar diperhatikan dan dilaksanakan. Bayangkan jika dari 15 ribu karyawan ada yang terkena, dampaknya seperti apa,” kata Andi kepada menejemen PT. HWI.

Dalam kesempatan itu, Andi juga meminta agar proses rekruitmen karyawan  baru dengan mengumpulkannya dalam satu forum untuk ditunda  dulu selama 14 hari ke depan. “Tolong rekrutmen karyawan seperti ini ditunda dulu, Karena ini ternyata banyak juga yang berasal dari luar Jepara,” jelas Andi yang mendapati pengarahan kepada calon karyawan baru di kantin perusahaan.

Atas realita ini, Dian Kristiandi memerintahkan kepada Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja memberikan edaran kepada perusahaan-perusahaan  agar menerapkan prosedur standard pencegahan virus korona ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten jepara Eriza Rudi Yulianto mengungkapkan jika selain komunikasi secara verbal, penyampaian secara tertulis juga akan dilayangkan kepada perusahaan untuk menaati prosedur standar pencegahan virus korona ini. “Akan kita sampaikan agar SOP di jalankan oleh perusahaan,” kata Eriza.

Asisten General Manager PT. Kanindo Makmur Jaya 2 Dudi Rusmana mengaku siap untuk melaksanakan himbauan dari Pemkab Jepara dengan menambah fasilitas cuci tangan untuk karyawan. “Kita siap untuk menambah fasilitas itu,” ujarnya.

Editor : Wahyu KZ.

Flashdisk Ribuan Kitab PDF