Mahasiswa KKN UPGRIS, Kembangkan Kreatifitas Anak Melalui Limbah Serbuk Kayu
Cari Berita

Mahasiswa KKN UPGRIS, Kembangkan Kreatifitas Anak Melalui Limbah Serbuk Kayu

Klikfakta.com
Senin, 03 Februari 2020

Mahasiswa peserta KKN UPGRIS saat memberikan penjelasan membuat kerajinan tangan mozaik dari limbah serbuk kayu kepada anak-anak (KF- Istimewa).

Klikfakta.com, Jepara – Sebanyak 23 anak di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara diajarkan membuat kerajinan tangan mozaik dari limbah serbuk kayu. Melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu mengembangkan kreativitas anak dalam memanfaatkan limbah, terutama limbah serbuk kayu yang mudah ditemukan dilingkungan sekitar.


Alif Mahasiswa peserta KKN UPGRIS (Universitas PGRI Semarang) mengatakan, Kegiatan tersebut berlangsung pukul 09.00-10.30 WIB. Ide memanfaatkan limbah serbuk kayu sebagai kerajinan tangan (Mozaik) itu muncul karena ia melihat banyaknya limbah serbuk kayu yang kurang dimanfaatkan.

“Banyaknya limbah serbuk kayu yang ada di desa Mantingan menjadikan mahasiswa KKN UPGRIS mempunyai ide untuk pembuatan mozaik. Kurangnya pemanfaatan limbah serbuk kayu yang ada di desa Mantingan mendorong mahasiswa KKN UPGRIS untuk memanfaatkan limbah kayu tersebut” ujar Alif.

Selain itu, Desy Erviana salah satu Mahasiswa KKN UPGRIS Menjelaskan. Sebelum melakukan pengajaran kepada anak –anak ia terlebih dulu memberikan penjelasan serta memberi contoh bagaimana serbuk kayu tersebut bisa dibuat sebagai kerajinan tangan. Kemudian setiap anak dikelompokkan sesuai kelasnya masing – masing.

“Setiap kelompok kita beri tugas untuk membuat gambar yang berbeda – beda, sesuai dengan tingkatan mereka. Sebelumnya kita sudah memberi penjelasan dan mencontohkan untuk memudahkan bagaimana membuat kerajinan tangan mozaik dari serbuk kayu”. Jelasnya.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan mampu mengembangkan kreativitas anak dalam memanfaatkan limbah serbuk kayu yang mudah ditemukan dilingkungan sekitar, terutama Desa Mantingan. "Kegiatan ini bertujuan mengurangi limbah industri mebel yang ada di Desa Mantingan ini dan memanfaatkan lomba yang serbuk kayu serta mengembangkan kreativitas anak".Harapnya.

Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berharap kegiatan seperti ini selalu ada, Pembuatan mozaik sendiri bertempat di posko KKN Desa Mantingan RT 06 RW 02. “Saya senang mengikuti kegiatan karena sebelumnya tidak ada pembuatan keterampilan seperti ini" ungkap salah satu peserta pembuatan mozaik.

EDITOR: ALI AKBAR.

Flashdisk Ribuan Kitab PDF