Dialog Pelopor Perdamaian hingga Peresmian Tugu Keserasian Sosial Desa Srikandang Jepara -->
Cari Berita

Dialog Pelopor Perdamaian hingga Peresmian Tugu Keserasian Sosial Desa Srikandang Jepara

Klikfakta.com
Sabtu, 21 Desember 2019

Penandatanganan prasasti peresmian musolla dan tugu keserasian sosial Desa Srikandang, Bangsri, Jepara. (KF-3) 
klikFakta.com, JEPARA - Forum Keserasian Sosial Desa Srikandang Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menggelar kegiatan dialog tematik keserasian sosial sebagai upaya pencegahan terhadap kemungkinan konflik yang terjadi di tengah masyarakat desa. Kegiatan dialog tersebut digelar dua kali, dan saat kegiatan kedua dibarengi dengan peresmian musolla yang telah dibangun serta tugu keserasian sosial.

Ketua Forum Keserasian Sosial, Sugiyanto mengemukakan, kegiatan dialog pelopor perdamaian yang pertama dilaksanakan pada 11 November 2019 lalu, sementara kegiatan kedua dilaksanakan pada Kamis 19 Desember 2019 kemarin. Pada dialog kedua ini, kegiatan disertai dengan peresmian musolla yang telah dibangun oleh forum melalui dana bantuan dari Kemensos RI.

"Jadi, Forum Keserasian Sosial Desa Srikandang dapat bantuan dari Kemensos RI berupa dana Rp150 juta untuk pembangunan fisik musolla dan dua kali kegiatan dialog tematik keserasian sosial sebagai upaya pelopor perdamaian," ujar Sugiyanto kepada klikFakta.com.

Ia menjelaskan, tidak hanya dialog dan peresmian musolla. Pihaknya juga sekaligus menggelar peresmian tugu pelopor perdamaian yang diresmikan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, serta Camat Bangsri.
Foto bersama di tugu keserasian sosial Desa Srikandang.(KF-3)
"Kegiatan ini kami mengundang dan alhamdulillah dihadiri oleh sejumlah kalangan di Desa Srikandang, seperti tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, dan pejabat dan perangkat desa," terangnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, kegiatan dialog, dimaksudkan untuk menjalin hubungan yang harmonis antarwarga masyarakat. Begitu juga saat pelaksanaan pembangunan musolla, dapat menjalin hubungan yang baik antarwarga.

"Saat pembangunan musolla, warga terlibat dan saling bergotong royong. Secara suka rela, ada yang memberikan bantuan tenaga, dan ada juga yang memberi bantuan makanan seperti singkong, dan sejenisnya," ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya bantuan dari pemerintah melalui Kemensos RI ini dapat memberikan banyak manfaat untuk warga. Selain itu, dari kegiatan tersebut diharapkan forum keserasian sosial Desa Srikandang tetap menjaga eksistensinya dan menjaga peranannya dalam upaya pelopor perdamaian baik dalam lingkungan desa maupun sekitarnya.

REPORTER: ALI AKBAR
EDITOR: WAHYU KZ

Flashdisk Ribuan Kitab PDF