Berbagai Produk Unggulan Pertanian Dipamerkan
Cari Berita

Berbagai Produk Unggulan Pertanian Dipamerkan

Klikfakta.com
Jumat, 22 November 2019


Klikfakta.com, JEPARA – Berbagai produk unggulan pertanian dan peternakan di Kabupaten Jepara dipamerkan di alun-alun II selama dua hari mulai Kamis (21/11/2019). Pembukaan dilakukan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi ditengah guyuran hujan lebat. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara.

Selain pameran, sejumlah komoditas juga dilombakan seperti durian, pisang, mangga gadung, citarasa kopi hingga lomba sapi kembar. Masyarakat juga bisa mengikuti loma vlog pertanian. Berbagai lomba ini untuk menguatkan branding Jepara sebagai produsen varietas unggulan khususnya durian. Sebelum membuka kegiatan, Plt Bupati Dian Kristiandi mengunjungi sejumlah stan milik masing-masing kecamatan yang ada di Jepara.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas rutinitas belaka, melainkan harus ada hal-hal yang baru disetiap penyelenggarannya. “Harus ada inovasi dan memunculkan semangat baru sehingga dalam setiap penyelenggarannya senantiasa ada hal atau nuansa baru yang menimbulkan daya tarik,” kata Andi.

“Yang lebih penting lagi, produk unggulan yang dipamerkan harus benar-benar ada dan tersedia di daerah asalnya. Jangan sampai, warga masyarakat yang tertarik karena melihat di pameran ini justru kecelik saat menginginkan produknya karena di “ada-adakan” hanya untuk keperluan pameran,“ jelasnya.

Andi menambahkan, ada komoditas baru yang muncul dalam pameran ini yakni tanaman porang. Tanaman liar yang sering diabaikan ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. “Dibeberapa daerah tanaman ini sudah dibudidaya secara massal dan prospeknya cukup bagus,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dian Kristiandi berharap pameran ini bisa meningkatkan akses pasar produk pertanian dan peternakan Jepara. Selain itu juga bisa memotivasi petani agar mau berinovasi dalam usaha pertanian secara luas yang pada akhirnya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. “Bisa mendukung ketahanan pangan serta menunjang gerakan cinta produk buah nusantara,” katanya.

Pengembangan sektor pertanian, katanya, sebenarnya bukan perkara mudah. Perlu kepedulian, dukungan dan komitmen semua pihak. Semoga kerjasama yang baik dari semua pihak bisa ditingkatkan dimasa-masa mendatang.

Dalam kesempatan ini, Andi juga melakukan interaksi langsung dengan siswa-siswi SDN 3 Ujungbatu. Ditengah-tengah dialog dan pemberian kuis, hujan lebat tiba-tiba mengguyur sehingga menambah suasana benar-benar “cair”. Dengan kuis menyebutkan nama-nama dari sejumlah komoditas pertanian, para siswa bisa mendapatkan hadiah dari Plt Bupati Jepara. Meskipun hujan deras, siswa-siswi tersebut sangat menikmati interaksi dengan orang nomor satu di Kabupaten Jepara itu.

Editor : Ali Akbar

Flashdisk Ribuan Kitab PDF