Tak Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD, PLT Bupati Jepara Ingin Tingkatkan Hubungan Eksekutif Dan Legislatif -->
Cari Berita

Tak Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD, PLT Bupati Jepara Ingin Tingkatkan Hubungan Eksekutif Dan Legislatif

Klikfakta.com
Rabu, 09 Oktober 2019

Pengucapan sumpah / janji Pimpinan DPRD Kabupaten Jepara masa bakti 2019 - 2024 (KF-Ali).
Klikfakta.com, JEPARA – Setelah dua bulan menunggu, akhirnya, empat pimpinan DPRD Kabupaten Jepara Devinitif resmi dilantik melalui rapat paripurna pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD masa jabatan 2019 – 2024 Selasa, (08/09/2019).

Para pimpinan anggota dewan tersebut, yaitu ( Ketua ) Imam Zusdi Ghozali  PPP, (Wakil ketua) Junarso (PDI Perjuangan), (Wakil Ketua) Pratikno Partai NasDem dan (Wakil Ketua) Nuruddin Amin dari partai PKB.

Pelaksanaan pelantikan yang dilaksanakan di ruang Rapat Sidang Paripurna DPRD Kab. Jepara juga nampak  dihadiri dari berbagai unsur instansi Pemerintahan.  Polres Jepara, TNI, Kejaksaan,  serta berbagai Organisasi Kemasyarakatan dan Tokoh Masyarakat. Namun PLT Bupati Jepara Dian Kristiandi  justru tidak hadir dalam acara tersebut dan diwakilkan oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko mengucapkan selamat kepada para pimpinan DPRD Jepara dan berharap agar kedepan eksekutif dan legislatif di pemerintahan Kabupaten Jepara mampu memberikan kontribusi yang baik kepada masyarakat Jepara.

“DPRD sebagai lembaga pemerintah Daerah memiliki kedudukan yang setara, artinya kedudukan DPRD dan Pemerintah Daerah sama, sejajar dan tidak saling membawahi, semua ada batas dan kewenangan masing – masing. Sehingga apabila kita tidak saling melampaui batas kewenangannya maka roda pemerintahan daerah akan berjalan harmonis efektif dan efisien” ujar Edy Sujatmiko saat membacakan surat PLT Bupati Jepara.

Lebih lanjut ia berharap agar kedua institusi ini tidak berada dalam posisi berhadapan.Supaya nantinya mampu menempatkan diri dan bersama – sama menjawab tantangan dari masyarakat.

"Hubungan yang terjalin selama ini antara eksekutif dan legislatif saya memendang bahwa kedua institusi publik ini bukanlah institusi yang harus saling berhadapan justru keduanya harus menempatkan diri pada wadah yang sama guna menjawab tantangan masyarakat” katanya.

Selain melantik pimpinan Dewan, dalam acara tersebut juga dilantik dua anggota DPRD Jepara yang sebelumnya belum mengikuti pelantikan. Yaitu, Ahmad Harmoko dan Arizal Wahyu Hidayat dari Partai Gerinda. Karena dalam pelantikan sebelumnya mereka menjadi TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

Reporter : Ali Akbar
Editor : Wahyu K.Z.

Flashdisk Ribuan Kitab PDF