Mahasiswa Diminta Bentengi Diri dari Radikalisme -->
Cari Berita

Mahasiswa Diminta Bentengi Diri dari Radikalisme

Klikfakta.com
Senin, 28 Oktober 2019


Klikfakta.com, JEPARA – Mahasiswa di Kabupaten Jepara diminta membentengi dirinya dari paham radikal. Sebab, kini radikalisme sudah menyasar kalangan kampus. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi saat membuka kegatan Forum Komunikasi antara Pemerintah, Masyarakat dan Mahasiswa di Aula Unisnu Jepara, Senin (28/10/2019).

Dalam acara yang digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jepara ini, Dian Kristiandi bahkan menyebut berdasarkan data yang ada, sekitar 38 persen mahasiswa di Indonesia sudah terpapar paham radikal. Bahkan, sekitar 10 perguruan tinggi negeri di Indonesia sudah dimasuki paham radikal.

“Ada celah-celah yang bisa dimanfaatkan untuk penyebaran radikalisme ini. Salah satunya dengan menyebar kader radikal di sejumlah kampus. Untuk itu kita harus membentengi diri kita,” kata Andi.

Forum komunikasi ini, kata Andi, penting untuk terus dilakukan dengan berbagai elemen masyarakat termasuk mahasiswa. Forum komunikasi itu harapannya bisa mengeliminir upaya pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang ingin merongrong bahkan ingin mengganti ideologi pancasila.

“Upaya dari kelompok radikal ini bahkan sudah memasuki kampus-kampus. Harapannya mahasiswa mampu menjaga dan membentengi dirinya untuk tidak terseret faham radikalisme,” jelas Andi.

Akan tetapi, Andi meyakini jika mahasiswa Unisnu Jepara bisa menjaga diri dari paham radikal. Di Unisnu, selain penguasaan pengetahuan Iptek juga diimbangi dengan bekal agama dan kebangsaan, sehingga rasa cinta tanah air terjaga. “Kami berharap para pemuda khususnya mahasiswa bisa menularkan virus kebangsaan dan menjaga keluarga dan lingkungannya dari virus radikalisme,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Andi juga menyampaikan peran strategis mahasiswa di masyarakat  dalam turut serta menjaga kondusifitas daerah. “Dalam kesempatan ini kami juga menyampaikan terimakaish kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilihan petinggi serentak beberapa waktu lalu sehingga Jepara tetap kondusif,” tandasnya.

Selain Plt Bupati Jepara, kegiatan Forkom ini menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Kapolres Jepara, Dandim 0719/Jepara, Kepala Disdikpora, KNPI hingga BEM Unisnu Jepara.

Editor : Ahmad Zaenal Mustofa

Flashdisk Ribuan Kitab PDF