Landasan Pacu Bandara Karimunjawa Dikucur Rp 8 Miliar -->
Cari Berita

Landasan Pacu Bandara Karimunjawa Dikucur Rp 8 Miliar

Klikfakta.com
Jumat, 02 Agustus 2019

Wisatawan berfoto di Bandara Dewandaru Karimunjawa. (istimewa)
klikFakta.com, JEPARA – Destinasi wisata Karimunjawa, Jepara menjadi salah satu destinasi unggulan di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Geliat wisatawan untuk berkunjung ke Karimunjawa semakin meningkat. Selain melalui jalur laut, jalur udara juga menjadi salah satu pilihan wisatawan ke Karimunjawa.

Pemerintah pusat, kali ini memberikan kucuran anggaran untuk landasan pacu bandara Dewandaru Karimunjawa. Dana tersebut dikucurkan oleh Kementrian Perhubungan untuk perpanjangan landasan pacu Bandara Dewandaru, Karimunjawa.

Diharapkan lewat upaya ini, akses transportasi dari dan menuju kepulauan yang ada di Laut Jawa ini lebih tangguh dan beragam.

Daya tampung penumpang pesawat juga bisa bertambah jika landasan pacu lebih panjang.

Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan, sebelumnya landasan pacu Bandara Dewandaru hanya 1200 meter.

Maka akan diperpanjang lagi 200 meter lagi. Sehingga totalnya menjadi 1400 meter.

"Anggaran sudah ada dari pusat. Tinggal pelaksanaan saja. Tahun ini sudah rampung," katanya, seperti dikutip Rmoljateng, pada Kamis (1/8/2019).

Dia berharap penambahan landasan pacu ini semakin meningkatkan kapasitas bandara.

Meski belum bisa digunakan untuk mendarat pesawat ukuran besar, namun penambahan ini sudah bisa memberi dampak positif untuk penerbangan ke Karimunjawa.

Ini merupakan sinyal positif, jalur tranportasi alternatif melalui jalur udara semakin terbuka lebar,” ujarnya.

Selama ini pesawat yang bisa landing di Dewandaru adalah pesawat jenis ATR 72. Itupun tidak bisa dengan kapasitas penuh, karena panjang landasannya belum sepenuhnya siap.

Penambahan landasan pacu ini nanti akan berdampak mengatasi persoalan itu.

"Jadi nanti kapasitas penumpang yang diangkut dari Karimunjawa juga bisa maksimal. Sehingga tidak perlu lagi ada wisatawan yang harus tertunda kepulangannya, karena keterbatasan kapasitas penumpang," tandasnya.

EDITOR : WAHYU KZ

Flashdisk Ribuan Kitab PDF